2

Lanal Kendari Distribusi 30 Ribu Liter Air Bersih di Pesisir Soropia

KONAWE,ELINDONEWS. ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari menyalurkan 30 ribu liter air bersih untuk masyarakat pesisir di empat Desa di Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu 11 Oktober 2023.

Keempat desa tersebut yakni Desa Leppe, Desa Bajo Indah, Desa Atowatu dan Desa Bajoe.

Penyaluran tahap awal, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari bersama jajaran door to door mengisi penampungan air di rumah warga yang ada di Desa Leppe.

“Setelah diidentifikasi empat desa ini yang benar-benar membutuhkan. Kalau misalnya 30 ribu itu kurang, kita tambah lagi menjadi 60 ribu,” kata Danlanal Kendari.

BACA JUGA:  Apresiasi Program OPOP, Wapres: Peluang Pembangunan Ekonomi Baru

AK Mulku menjelaskan, program penyaluran air bersih yang dilakukan Lanal Kendari merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat pesisir Soropia yang terdampak kekeringan ekstrem.

“Kita sadar bahwa kebutuhan air bersih itu sangat penting dan ini musim kemarau yang cukup panjang sehingga masyarakat jangan sampai terkena penyakit akibat salah mengonsumsi air,” jelas AK Mulku.

AK Mulku memastikan air bersih tersebut tersalurkan dengan merata kepada masyarakat. Ia juga akan membuat sumur bor agar dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

BACA JUGA:  GenPi Sultra Rekrut Anggota Baru, Siap Promosikan Wisata hingga Kancah Internasional

“Insha Allah kita akan bantu untuk pembuatan sumur bor. Namun sebelum kita bantu, kita pastikan dulu ada tandon utama untuk menampung air dan itu harus betul-betul kita komunikasikan dengan baik antara pihak Lanal dan kecamatan Soropia,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Soropia, Masnur mengucapkan terima kasih kepada jajaran Lanal Kendari atas bantuan air bersih yang telah diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan air bersih di musim kemarau saat ini.

“Terima kasih bapak Danlanal dan seluruh personel, ini suatu kebanggaan masyarakat Soropia,” ucap Masnur.