2

Ukir Prestasi, Pelajar SMA Negeri 6 Konsel, Juara Satu Lomba Pidato Talk Show Literasi 2023

Konawe Selatan,Elindonews.id – Siswi pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berhasil keluar sebagai juara satu lomba pidato kebangsaan tingkat pelajar menengah atas yang diikuti seluruh SMA/SMK dan MA se-Konsel.

Prestasi itu benarkan oleh Kepala Sekolah SMAN 6 Konsel Ujang Rukajat,S.Pd.,M.Pd, melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Nursia S.Pd,M.Pd saat dikonfirmasi melalui media ini. Rabu,26 Juli 2023.

“Alhamdulillah dari hasil penilaian panitia dalam lomba pidato kebangsaan itu, sekolah kami berhasil keluar sebagai juara I,” terang Nursia yang juga merupakan Guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut.

Lanjut Nursia, menjelaskan lomba pidato yang diselenggarakan dalam acara Talk Show Literasi tahun 2023. Diinisiasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konsel, dan Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Sultra, di Auditorium Kantor Bupati Konsel, Selasa, 25 Juli 2023 kemarin.

“Adapun siswi yang berhasil mengharumkan nama sekolah yakni Nurul Fitriani Tokase, ananda merupakan murid kelas XII MIPA I,” sebutnya.

BACA JUGA:  Program Jaksa Masuk Sekolah, Kejari Konsel Edukasi Pelajar Soal Hukum

Dirinya berharap semoga prestasi itu dapat terus dipertahankan,serta meningkatkan ke jenjang lomba pidato yang makin bergengsi.

“Tentu kami berharap capaian yang diraih ananda Nurul dapat menjadi edukasi dan motivasi bagi seluruh siswa siswi pelajar SMA 6 Konsel,” harapnya.

Terpisah bupati Konsel H Surunuddin Dangga, memberikan selamat kepada seluruh pelajar yang telah meraih juara dalam lomba. Bupati dua periode ini mengaku akan terus mendukung program yang memiliki nilai pendidikan untuk memajukan daerah.

“Arah pembangunan kita juga mengarah pada kondisi kesehatan dan pendidikan anak-anak, dan pengembangan kualitas SDM secara menyeluruh. Hal ini sesuai dengan visi kami yaitu Kabupaten Konawe Selatan yang semakin maju, Berkeadilan dan Sejahtera,” ungkapnya.

Artinya, kata ia, bukan hanya maju secara fisik, dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tetapi membawa dampak peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Dalam upaya membangun kualitas sumber daya manusia, budaya literasi adalah pondasi yang kokoh mewujudkan masyarakat berkualitas dan sejahtera,” ujarnya.

BACA JUGA:  Semarak Kemerdekaan RI 78, Ketua Koni Konsel Ajak Masyarakat Lainea Rawat Bhineka Tunggal Ika

Literasi memampukan manusia mengidentifikasi, mengerti, memahami, dan mencipta yang diperoleh dari kegiatan membaca. Ditransformasikan dalam kegiatan-kegiatan yang produktif yang memberikan manfaat sosial, ekonomi dan kesejahteraan.

“Kami mengapresiasi Pemprov Sultra melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara dan para pihak yang telah membantu percepatan peningkatan literasi untuk dengan menginisiasi program Roadshow Literasi,” terang mantan ketua DPRD Konsel.

Untuk diketahui, giat talk show literasi tersebut merupakan rangkaian dari road show yang juga diisi dengan beragam kegiatan lomba. Selain Bupati Konsel H Surunuddin Dangga yang didampingi Bunda Literasi Konsel Hj Nurlin Surunuddin, dalam Talk Show menghadirkan sejumlah pembicara seperti Ketua DPRD Sultra H Abdurrahman Shaleh, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sultra Nur Saleh, dan Fasda Program TPBIS Konsel Asni.

Talk Show itu diikuti sejumlah pimpinan OPD, Camat, Juri dan Peserta Road Show Literasi, komunitas pegiat literasi, Kepala Sekolah dan pengelola perpustakaan sekolah dan desa.