2

Lomba Gerak Jalan Meriahkan Perayaan HUT RI ke 78 di Tingkat Kabupaten Konsel

Konawe Selatan,Elindonews.id – Lomba Gerak Jalan Santai dan Gerak Jalan Indah meriahkan perayaan Hari Ulang Tahun HUT RI ke 78 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Selasa 15, Agustus 2023.

Keseruan lomba itu, disaksikan langsung oleh Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST,MM, Wabup Konsel Rasyid S.Sos,M.Si, Sekda Konsel Hj St Chadidjah S.Sos,M.Si, Kajari Konsel Hj Herlina Rauf SH,MH serta para kepala OPD.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Erawan Supla Yuda S.Pd,M.Pd selaku Panitia lomba mengatakan lomba gerak jalan santai dan indah diikuti Ratusan Peserta yang terdiri dari Pelajar Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan seluruh Organisasi perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konsel.

“Untuk peserta pelajar perwakilan kecamatan se-Konsel sebanyak 80 peserta yang terdiri dari SD dan SMP kemudian peserta gerak jalan santai pesertanya adalah perwakilan OPD lingkup Pemda Konsel sebanyak 36 peserta,”sebut Erawan.

BACA JUGA:  Wabup Rasyid Ingatkan Tenaga Pendidik Tentang Pentingnya Kedisiplinan

Dimana kata dia, amino peserta sangat antusias mengikuti lomba dengan menampilkan yel-yel dan pariasi barisan.

“Peserta benar-benar antusias,baik itu tingkat pelajar maupun OPD,bahkan kegiatan tersebut selesai hingga malam hari para peserta masih tetap semangat,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Budi Yuliarto,mengatakan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka menyemarakkan Hut RI di tingkat kabupaten Konsel terdiri dari penanaman pohon di hutan kota, gerak jalan santai, gerak jalan indah, dan beragam perlombaan, pengukuhan paskibraka dan banyak lagi. Puncaknya pada upacara detik detik proklamasi, penurunan bendera, dan ditutup malam ramah tamah.

BACA JUGA:  Sukses dan Berlangsung Mariah, Jambore PKK Konawe Selatan Resmi Ditutup: Berikut Sederet Pemenangnya

“Tema HUT RI ke-78 tahun 2023 adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju, tema ini sesuai dengan misi pembangunan Konsel mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” jelasnya.

Esensi lain dari seluruh kegiatan adalah sebagai ajang silaturrahim dan upaya mempererat semangat kebangsaan serta mempertahankan laju semangat kemerdekaan.

“Tentu kita berharap kemeriahan ini tidak sampai disini saja melainkan pada upacara peringatan proklamasi kemerdekaan nanti akan jauh lebih ramai. Sebab hal itu, merupakan momen sakral bagi seluruh anak bangsa di tanah air ini,” ujarnya.

Untuk diketahui kegitan gerak jalan santai untuk OPD digelar pagi hari, sementara gerak jalan indah dimulai pukul 14:30 wita.