2

Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme, FKPT Sultra Gelar Karakter ID

Kendari,Elindonews.id – Guna mencegah paham radikalisme dan terorisme di tengah masyarakat, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar kegiatan bertajuk Karakter ID atau Kampus Rakyat Terpilih Indonesia.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua FKPT Sultra Andi Intang Dulung dan dihadiri Kasubbag Data BNPT RI Amir Mahmud, di salah satu Hotel di Kota Kendari, selama dua hari Rabu-Kamis (9-10/82023).

Dalam kegiatan kali ini, FKPT Sultra mengajak generasi muda, mahasisiwa, dan pelajar di Bumi Anoa untuk menggaungkan pencegahan tersebut.

BACA JUGA:  Irham Kalenggo Dukung Terbentuknya Kepengurusan PWI di Konsel

Ketua FKPT Sultra Andi Intang berharap peserta mampu menjadi agen perubahan untuk mengajak masyarakat jauh dari pemahaman radikalisme melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.

“Salah satunya melalui kegiatan pembuatan podcast untuk saling memberikan informasi baik kepada masyarakat umum,” kata Andi Intang, Kamis (10/8).

Ia juga berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, perwakilan Sulta bisa meraih juara pada lomba Podcast BNPT RI.

Dalam kegiatan tersebut, FKPT Sultra menghadirkan narasumber daerah Founder Donactive Peduli Indonesia Moh Afif Nasrullah yang memberikan materi tentang peran aktif pemuda, pelajar dan organisasi kepemudaan dalam pencegahan terorisme, dan Podcast Nasional Tyo Prasetyo Utomo memberikan materi tentang podcast dan pembuatan podcast.

BACA JUGA:  Tingkatkan Investasi, Gubernur Ridwan Kamil Jemput Bola ke Tiongkok

Saat memaparkan materi, Moh Afif Nasrullah menjelaskan, bahwa pemuda membutuhkan karakter, kompetensi dan literasi untuk menambah wawasan.

“Hal itu sejalan dengan upaya pemuda dalam mencegah paham terorisme dengan meningkatkan literasi, kualitas diri serta pemahaman dan pengamalan agama,” jelas Nasrullah.