2

Serius Transformasi ke SPBE, Diskominfo Konsel Terus Permantap Sistem

Konawe Selatan,Elindonews.id – Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat ini menjadi hal prioritas.

Keseriusan Pemkab Konsel untuk bertransformasi ke sistem yang baru itu, dibuktikan oleh konsistensi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) yang terus komitmen mengawal perubahan tersebut.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Diskominfo Konsel Hidayatullah, SP.,M.Si. Saat memimpin Rapat Evaluasi SPBE, di Auditorium lantai lll Kantor Bupati pada. Rabu 12 Juli 2023.

Mantan Kadis Pertanian Konsel ini, mengungkapkan bahwa Kominfo tetap semangat mengawal proses penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  hingga tuntas.

BACA JUGA:  Sukseskan MTQ ke 18 Tahun 2024, Kafilah Tuan Rumah Konda Jadi Peserta Pawai Ta'aruf Terbanyak

“Pada pertemuan kali ini sebagai pemantapan dan klarifikasi isian data dan informasi yang berhubungan dengan domain dalam SPBE,” ungkap Hidayatullah mengawali arahannya.

Lebih lanjut Hidayatullah menjelaskan tentang pentingnya SPBE ini guna memudahkan proses pengambilan keputusan cepat oleh pemerintah, salah satunya dalam merespon situasi kedaruratan.

“Untuk merespon cepat situasi kedaruratan, pemerintah butuh data lapangan dan itu bisa diperoleh dari isian data dan informasi masing-masing OPD,”jelasnya.

Usai acara ketika beberapa awak media mengkonfirmasi pertanyaan publik terkait penerapan SPBE yang bersifat ‘Citizen Centric’ dimana belum semua masyarakat paham penggunaan teknologi, Hidayatullah menegaskan bahwa akan dilakukan edukasi publik terkait hal itu.

BACA JUGA:  Kerahkan Kekuatan Penuh, Golkar Konsel Optimis Pertahankan Kursi Ketua

“Kita sudah siapkan relawan untuk mengedukasi publik cara input data dan poinnya sesuai kebutuhan masyarakat,” tutupnya.

Untuk diketahui Rapat Evaluasi SPBE yang digelar Diskominfo Konsel ini berlangsung mulai pukul 09.30 Wita yang dihadiri sebagian OPD. Setelah pemaparan teknis, dibuka sesi diskusi dan tanya jawab hingga berakhir pukul 12.00 siang.