2

Putra-Putri Butur Juara Duta Wisata Sultra 2023

Kolaka,Elindonews.id – Putra dan putri duta wisata asal Kabupaten Buton Utara (Butur) berhasil keluar sebagai juara pertama dalam pemilihan Duta Wisata Sulawesi Tenggara 2023 yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Sultra di Kabupaten Kolaka, 22-23 Juli 2023.

Mereka berhasil mengungguli duta wisata dari kabupaten/kota lainnya se-Sultra melalui audisi yang berlangsung begitu ketat. Duta Wisata Butur dari kelompok putra yang berhasil memenangkan pemilihan adalah Riyan Rahmat Jaya. Sedangkan Duta Wisata putri atas nama Wayu Sundari.

Adapun juara kedua putra diraih oleh Duta Wisata Kabupaten Konawe bernama Ryamizard Usdin Rachim, sedangkan juara kedua kategori putri diraih oleh Nur Ayu Syaindra dari Kabupaten Kolaka.

Sementara juara ketiga putra berhasil diraih oleh Duta Wisata Kabupaten Bombana atas nama Erwin, sedangkan juara ketiga putri juga berhasil dimenangkan oleh Duta Wisata Bombana atas nama Bella.

BACA JUGA:  Seorang Nelayan Hilang di Pulau Padamarang Saat Cari Kayu Bakar

Sebanyak 10 dari 17 kabupaten/kota se-Sultra mengirimkan utusannya untuk menjadi Duta Wisata Sultra 2023. Sebelumnya, mereka telah melaksanakan seleksi di tingkat kabupaten/kotanya masing-masing. Dari 10 kabupaten/kota tersebut, jumlah peserta sebanyak 26 orang, yang terdiri dari masing-masing 13 orang laki-laki dan perempuan pasang.

“Beberapa kabupaten mengirimkan lebih dari satu utusannya, seperti Kabupaten Kolaka yang mengirim utusan hingga tiga pasang, sedangkan Muna Barat mengirim utusan sebanyak dua pasang,” jelas Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Sultra, Minggu (23 Juli 2023).

Adapun rangkaian penilaian terdiri dari tes tertulis, wawancara mendalam, dan unjuk bakat, yang menguji kemampuan para kontestan dari aspek wawasan pengetahuan umum, kepariwisataan, seni budaya, kemampuan bahasa Inggris, kepribadian, dan bakat masing-masing.

Dewan juri terdiri dari Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Dispar Sultra Andi Syahrir, praktisi publik speaking/MC ternama Sultra Muhammad Idul Patra, Putri Citra Indonesia Tahun 2015 dan Putri Pariwisata Indonesia Sultra 2017 Divi Ayu Wulandari, dosen Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo Sartiah Yusran, dan psikolog Universitas Halu Oleo Nani Restati Siregar.

BACA JUGA:  Kapolresta Kendari Minta Maaf, Soal Tembakan Gas Air Mata Saat Bubarkan Unjuk Rasa

     

Dijelaskan, juara pertama ini nantinya akan mewakili Sultra dalam ajang pemilihan Duta Wisata Nasional 2023 yang akan digelar di Kota Kendari, November mendatang.

“Para juara ini harus memiliki motivasi yang kuat di ajang berikutnya mengingat pada Duta Wisata Nasional Tahun 2022 di Kalimantan Utara, Sultra berhasil keluar sebagai juara. Tentu, prestasi tahun lalu perlu kita pertahankan,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, Dinas Pariwisata Sultra, juga berkomitmen untuk sukses sebagai penyelenggara. Kesempatan menjadi tuan rumah harus dipandang sebagai instrument untuk meningkatkan geliat kepariwisataan di Sultra.