2

Dispar Konsel Bekali SDM Kepariwisataan Puluhan Pengelola Desa Wisata

Kendari,Elindonews.id – Dalam rangka pengembangan desa wisata yang berdaya saing. Dinas Pariwisata (Dispar) kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu di mulai sejak 15-17 Juli 2023. Di ikuti sebanyak 40 orang pengelola desa wisata yang ada di kabupaten Konsel. Bertempat di hotel Fortune Kendari.

Kepala Dinas Pariwisata Konsel Adiwarsyah Toar menjelaskan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata merupakan Sala satu  Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan.

Dimana lanjut dia, kegiatan tersebut merupakan salah satu Program  Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diberikan kepada beberapa daerah di Indonesia dalam rangka mendukung Pengembangan desa Wisata yang berdaya saing.

BACA JUGA:  Kalahkan Palsel FC di Final, PS Andoolo Juara Bupati Cup 2023

“Dan salah satu daerah yang berkesempatan mendapatkan program Pengembangan SDM Kepariwisataan tersebut yakni Kabupeten Konsel,” ungkap mantan Kepala Bappeda Konsel ini.Senin,17 Juli 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan SDM Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Suartin S.Pd MM menambahkan 40 orang peserta yang dibekali SDM melalui pelatihan itu, yakni Kepala Desa, pengurus Bumdes dan Kelompok Sadar Wisata yang memiliki peran dalam mengelola Desa Wisata.

“Pelatihan pengelolaan desa wisata  bertujuan untuk meningkatkan  pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola desa wisata  agar lebih profesional dan berkualitas dalam memberikan pelayaanan kepada wisatawa,” terangnya.

Adapun sasaran yang ingin di capai,kata Suartin yakni Peserta  mengetahui  dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan. Selain itu juga peserta dapat memahami pentingnya Sapta Pesona  dalam mewujudkan Masyarakat sadar wisata.

BACA JUGA:  Tol Cisumdawu Diresmikan, Permudah Konektivitas ke Bandara Kertajati

“Dengan memahami pengembangan Kelembagaan pengelola Desa Wisata  serta dapat mengembangkan  dan mengelola produk pariwisata didesa wisata. Sehingga kedepannya Kompetensi SDM Pariwisata  di Konawe Selatan dapat terus maju dan Berkembang,” harapnya.

Untuk diketahui dalam pelatihan ini Dispar Konsel libatkan Narasumber yang berkompeten di Bidang Pengelolaan Desa Wisata yaitu Ahmad Nizar, S. Si dan Isnawaty S. Si., MT. Dimana di hari kedua para peserta di edukasi ke salah satu wisata yang perna mewakili Pemda Konsel di ajang ADWI yaitu Wisata Air terjun Moramo.