2

10 Anggota PKD Kecamatan Andoolo Resmi Dilantik

Konawe Selatan, ElindoNews.id – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Andoolo melantik 10 anggota Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di wilayah Kecamatan Andoolo, Kabupaten Konawe Selatan, pada Minggu 2 Juni 2024.

Pelantikan ini merupakan bagian dari tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 yang mencakup pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Bupati dan Wakil Bupati.

Acara pelantikan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Andoolo, Ibrahim Isnan, dan didampingi oleh anggota Panwaslu lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Camat (Sekcam) Andoolo, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa, dan anggota PKD se-Kecamatan Andoolo.

BACA JUGA:  Stand Pameran UMKM Konsel Memukau Pengunjung Pekan Produk Unggulan Sultra 2024

Dalam sambutannya, Ibrahim Isnan, menyatakan bahwa pelantikan PKD merupakan amanat Undang-Undang.

“Kami berharap PKD yang dilantik dapat menjalankan tugas pengawasan dengan jujur, adil, dan bersikap netral serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat,” ujar Ibrahim, yang akrab disapa Baem.

Ibrahim juga menekankan pentingnya pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran selama proses pengawasan di tingkat desa/kelurahan.

“Pastikan pengawasan yang cermat terhadap interaksi kandidat dan berikan perhatian khusus pada pengawasan atribut kampanye di jalanan, serta identifikasi dan laporkan pelanggaran terkait pemasangan spanduk, poster, dan bahan kampanye lainnya,” tambahnya.

BACA JUGA:  Ngebut! Dua Pelajar di Konawe Selatan Kecelakaan Tunggal, Satu Meninggal

Selain itu, Ibrahim menambahkan bahwa Panwascam akan menjalin kerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), wartawan, serta pemangku kepentingan lainnya terkait pengawasan Pilkada tahun ini. Ia juga mengingatkan jajaran pengawas pemilu untuk bekerja maksimal sambil memperhatikan waktu istirahat dan kesehatan mereka.

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis Pengawasan yang disampaikan oleh masing-masing Komisioner Panwascam.