2

Jalan Rusak di Kawasan Perkantoran Pemda Konsel Tahun ini Bakal Diaspal

Konawe Selatan, ElindoNews.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun ini akan melakukan perbaikan sejumlah titik jalan rusak di kompleks perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PU Konsel, Askar menanggapi keluhan masyarakat terkait banyaknya ruas jalan yang rusak parah.

“Untuk perbaikannya di tahun ini sudah dalam proses tender dan akan dikerjakan pada tahun ini,” katanya, Rabu 27 Maret 2024.

“Untuk jalan rusak di depan kantor Dinas Catatan Sipil juga demikian akan segera dilakukan. Penanganan, terlebih lagi lokasi tersebut masuk dalam tata ruang jalan di Ibu Kota Konsel,” tambahnya.

Seorang warga yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan kondisi bahu jalan di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konsel mengalami kerusakan berat yakni longsor hingga membahayakan pengguna jalan.

BACA JUGA:  Dikbud Konsel Sukses Gelar Lokakarya 7 Festival Panen Belajar Program Guru Penggerak Angkatan 9

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten melaui Dinas Pekerjaan Umum Konsel belum melakukan sikap dan tindakan, minimal penimbunan secara swadaya dengan penggunaan alat berat.

“Kondisi jalan ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Selain longsornya cukup besar, tetapi Pemerintah kayaknya tidak melihatnya. Atau apakah nanti ada korban kecelakaan di lokasi baru ada reaksi,” ujarnya Rabu 27 Maret 2024.

Menurtnya, lubang besar di bahu jalan komplek perkantoran di depan Kantor Catatan Sipil Konsel, selain rawan bagi pengguna jalan, juga sudah mengikis pagar kantor Kependudukan dan Catatan Sipil, serta mulai mengikis badan jalan yang menghubungkan Kantor Bupati dan Rumah Jabatan Bupati Konsel di kelurahan Potoro Kecamatan Andoolo.

“Lokasinya sangat rawan, jika tidak segera mendapat penanganan dan perbaikan minimal dilakukan penimbunan. Pengendara jika tidak hati hati, bisa mengalami kecelakaan dan masuk dalam lubang lonsoran. Hal itu karena kondisi jalannya teoat di perempatan di jalur dua dari arah kantor Bupati menuju rujab, dan dari arah Pertamina menuju komplek perkantoran,” jelasnya.

BACA JUGA:  Diskominfo dan Sandi Konawe Selatan Berikan Pelayanan Prima pada Tes CPNS PPPK 2023

Selain kondisi jalan di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Capil Konsel, juga terdapat jalan yang mengalami kerusakan berat. Misal di depan Kantor Pertanian, Pengadilan Negeri Andoolo, Depan Kantor Kesbangpol, Depan Kantor Bappeda hingga depan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Ini pemerintah tidak melihat kondisi jalan ini yag rusak atau tidak punya anggaran. Jalannya sudah rusak bertahun tahun, tapi tidak ada juga ada tanda tanda perbaikan. Padahal ini di kompleks perkantoran Bupati Konsel, bagaimana dengan di daerah lainnya,” pungkasnya.