2

Bupati Surunuddin Serahkan Sertifikat Tanah Hibah ke Bakamla RI

Konawe Selatan, Elindonews.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga menyerahkan sertifikat tanah yang merupakan hibah Pemerintah Kabupaten Konsel kepada Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) di Ruang Kerja Bupati, Senin 26 Februari 2024.

Sertifikat tersebut diterima oleh Kepala Markas Zona Bakamla Tengah Laksamana Pertama Bakamla Octavianus Budi Susanto, disaksikan Kepala Kantor Pertanahan konsel Amrullah, Sekda Hj St Chadidjah dan Kabag Pemerintah Asmurdani.

Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan Bakamla RI kepada Pemda Konsel dalam mendukung keamanan perairan nusantara.

Bupati dua periode ini menyatakan kesiapan Pemda mendukung Bakamla RI melalui penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) di Kabupaten Konsel. Fasilitas yang akan dibangun oleh Bakamla akan sangat bermanfaat dalam deteksi dini bencana.

BACA JUGA:  125 Anggota PPK Konawe Selatan Resmi Dilantik, Ketua KPU Konsel: Sukseskan Pilkada 2024

“Hari ini telah kami serahkan sertifikat tanah,dan ini merupakan bukti komitmen pemerintah dalam mendukung sinergi dan kerjasama,” ungkapnya.

“Sekarang sudah menjadi warga konsel karena sudah memiliki tanah di wilayah konsel,” sambung Surunuddin dengan canda.

Surunuddin berharap upaya tersebut dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Konsel, yang akan di tempatkan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara.

“Saya berharap keamanan dan pemantauan keselamatan laut bagi warga konawe selatan lebih maksimal,” harapnya.

Sementara Kepala Markas Zona Bakamla Tengah Laksamana Pertama Bakamla Octavianus Budi Susanto, menyampaikan apresiasi kepada pihak Pemda Konsel dan Pertanahan yang telah memberikan sertifikat sebidang tanah kepada pihaknya.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Terima Materi Hasil Bantuan Teknis RDTR Laonti - Angata

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan yang telah memberikan sebidang tanah kepada Bakamla RI,” ucap Octavianus.

Dirinya, mengaku bakal segera melakukan progres pembangunan. Octavianus menjelaskan tanah tersebut direncanakan akan dibangun salah satu sistem yang disebut NNSS. Peralatan tersebut akan dikendalikan oleh enam orang personel.

“Tahun ini kemungkinan sudah akan dibangun, anggarannya juga siap. Kami berharap dengan adanya peralatan tersebut dapat mendukung Keamanan laut Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantah Konsel Amrullah, menyebut Sertifikat tanah hibah Bakamla yang diserahkan Bupati H Surunuddin Dangga seluas 4.245m2.

“Proses pembuatan sertifikat tidak memakan waktu lama,” singkat Amrullah.