2

Wujudkan Kesejahteraan Sosial, Dinsos Konawe Selatan Gelar Pelatihan Bagi Tim Survei Penelusuran dan Assessment

Kendari, Elindonews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) terus bekerja keras dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat kurang mampu.

Komitmen itu diwujudkan melalui pelatihan survei penelurusan dan assessment kesejahteraan sosial yang digelar di salah satu Hotel di Kota Kendari, selama tiga hari, Senin-Rabu, 19-21 Februari 2024.

150 peserta yang terdiri dari TKSK 25 orang, Pendamping PKH 58 orang, Puskesos 20 orang dan Operator SIKS-NG 47 orang tersebut diharapkan dapat mengumpulkan data yang valid, akurat dan terbaru agar penyaluran bantuan sosial dari pemerintah tepat sasaran.

Pembekalan itu dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Konsel, Nurlita Jaya AS didampingi pejabat tinggi Dinsos Konsel.

BACA JUGA:  Camat, Kades dan Lurah di Konsel Ikuti Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Batas Desa

Dalam sambutannya, Nurlita menekankan agar tim survei, tim penelusuran dan assessment bekerja secara maksimal dalam mewujudkan program nasional yakni pengentasan kemiskinan ekstrim serta penanganan kemiskinan di Konawe Selatan.

“Kegiatan ini sangat penting untuk pembekalan bagi tim survei, tim penelusuran dan assessment dalam rangka turun ke lapangan melakukan survei terhadap data calon penerima bantuan sosial. Termasuk assessment dalam melakukan pendalaman terhadap data yang sudah ada sebagai bentuk ketepatan sasaran,” jelas Nurlita.

Untuk itu, ia menuturkan bahwa pentingnya pelatihan tersebut agar peserta dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam melaksanakan survei dengan benar.

“Untuk itu kita membutuhkan data yang valid, akurat dan terbaru. Di mana data tersebut itu dilakukan pengecekan langsung ke lapangan dengan para aparat baik itu di tingkat kecamatan maupun kelurahan atau desa,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Titip Pesan Kepada Pengurus PKK di Konawe Selatan

Nurlita berharap, nantinya data yang dikumpulkan dari hasil survei benar-benar data rujukan yang dijadikan dasar bagi pemangku kebijakan atau beberapa OPD dalam menyelesaikan persoalan kesejahteraan sosial.

“Kita berharap penerima bantuan sosial ini benar-benar tepat sasaran. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat kategori susah atau miskin ekstrim bisa mendapat bantuan dari pemerintah pusat ataupun daerah,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam laporan Ketua Panitia kegiatan, Aswanto mengatakan, bahwa dalam memaksimalkan pembekalan tersebut pihak Dinsos Konsel menghadirkan pemateri dari BPS Konsel dan BPJS Konsel.