2

Bupati Konawe Selatan Lantik Ribuan Satlinmas Pengamanan Pemilu 2024

Konawe Selatan, Elindonews.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga melantik 1.685 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Auditorium Kantor Bupati Konsel, Kamis, 1 Februari 2024.

Pengukuhan satlinmas atau hansip ditandai dengan pemasangan topi dan penyerahan tongkat kepada dua perwakilan satlinmas.

Surunuddin Dangga mengatakan, tugas satlinmas tersebut nantinya akan mengamankan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) di 1.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Konawe Selatan.

“Saya berharap satlinmas yang dikukuhkan pada hari ini dapat membantu penyelenggara untuk mensukseskan Pemilu pada 14 Februari 2024. Satlinmas untuk mampu menempatkan diri dengan baik dan berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri serta penyelenggara Pemilu di TPS,” imbuh Surunuddin.

BACA JUGA:  Dinas Koperasi dan UMKM Konawe Selatan Wujudkan Wirausaha Inovatif dan Tangguh

Bupati Konsel dua periode itu menjelaskan, proses perekrutan satlinmas sebelumnya telah dilaksanakan dengan baik dengan adanya pembatasan usia.

“Satlinmas hadir di TPS diharapkan mampu bertugas bersama dengan aparat TNI – Polri dan penyelenggara setempat. Jangan satlinmas yang menjadi biang masalah,” katanya.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu mengungkapkan, bahwa peran satlinmas dalam mengamankan berlangsungnya proses pemilu sangatlah penting. Untuk itu satlinmas akan diberikan jaminan kesehatan melalui BPJS.

“Bukan karena penyelenggara di TPS mendapat jaminan kesehatan melalui BPJS, lalu satlinmas ikutan. Tetapi itu juga bagian dari tugas dan kewajiban Pemerintah untuk menberikan jaminan kesehatan kepada seluruh satlinmas,” jelasnya.

BACA JUGA:  Polsek Moramo Utara Pastikan Logistik Pemilu Dijaga Ketat

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Konsel, Ivan Ardiansyah melaporkan, pengukuhan satlinmas di Kabupaten Konawe Selatan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun 2024. Meskinya ada 2.000 satlinmas yang akan ditugaskan sesuai dengan jumlah TPS untuk masing-masing 2 petugas.

“Ada kekurangan 315 personil. Untuk kekurangan tersebut sebanyak 133 Satpol untuk disebar di 25 Kecamatan,” jelasnya. (ADV)