2

Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75 Tahun, Bupati Konawe Utara: Momentum Bersatu dan Berkontribusi Positif Menuju Indonesia Maju

Konawe Utara, Elindonews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) memperingati Hari Bela Negara ke-75 Tahun dengan menggelar upacara di Lapangan Kantor Bupati Konut, Selasa 19 Desember 2023.

Upacara dengan tema Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju ini dipimpin langsung oleh Bupati Konut, H Ruksamin.

Acara dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Ketua DPRD Konut Ikbar, Plh Sekda Konut, Kaposbinda Konut, dan perwakilan dari Kapolres Konut dan Dandim 1430 Konut, Kepala Instansi Vertikal, Kepala OPD, Kabag lingkup Pemda Konut.

Dalam sambutannya, Ruksamin mengatakan, bahwa di hari bela negara ini menjadi momentum bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju di tengah tantangan yang semakin tidak terduga. Ancaman tidak hanya bersifat fisik, melainkan juga melibatkan aspek non-fisik seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, dan krisis iklim.

BACA JUGA:  Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dikbud Konut Lakukan Penyegaran Kepada 17 Kepala Sekolah

“Saya berharap agar tuhan senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya bersama untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera,” kata Ruksamin.

Bupati Konut dua periode ini menekankan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Konut, pentingnya memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama untuk menghadapi situasi yang tidak menentu.

BACA JUGA:  Konutara Sejati Konsisten Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat Desa Lingkar Tambang

“Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, melainkan membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Dalam konteks Indonesia, bela negara tidak hanya terkait dengan aspek militer, melainkan juga mencakup seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang didasari oleh cinta kepada bangsa, negara, pancasila, dan NKRI, dianggap sebagai wujud konkret dari semangat bela negara.

“Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air,” pungkas Ruksamin.