2
KOLAKA  

Peduli Sesama, Ruksamin Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang di Kolaka

Kolaka, Elindonews.id – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Minggu, 21 Januari 2024.

Aksi cepat tanggap Ruksamin tidak hanya mengirimkan bantuan sembako dan pakaian, tetapi mengambil inisiatif untuk secara langsung mengantar bantuan tersebut.

Ketua DPW PBB Sultra itu memimpin rombongan mobil pembawa bantuan, perjalanan dari Kendari dimulai sekitar 11:00 WITA dan berakhir di Kolaka pada pukul 17:00 WITA.

Kedatangan Ruksamin di lokasi banjir tidak hanya sendiri. Ia didampingi oleh Ketua DPRD Konut, sejumlah Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Bulan Bintang, dan pengurus IKA Smanwa.

Bersama-sama, mereka dengan sigap menyalurkan bantuan di Posko Banjir Desa Ulu Konaweha, Kecamatan Samaturu.

Setelah itu, bantuan yang diangkut dengan penuh perhatian didistribusikan kepada masyarakat yang menjadi korban banjir.

Keberlanjutan bantuan juga terlihat dari inisiatif Ruksamin yang memberikan

bantuan uang tunai sebesar Rp10 juta untuk empat rumah yang hanyut akibat banjir bandang menunjukkan kepedulian mendalam terhadap nasib mereka.

BACA JUGA:  Pasutri di Kolaka Beli Toyota Fortuner Hasil Menabung di Celengan Kaleng

“Kami juga menyiapkan masing-masing 10 juta untuk empat rumah yang hanyut,” ungkap Ruksamin.

Dalam momen tersebut, Ruksamin yang juga selaku Ketua IKA Smanwa menyatakan bahwa bantuan yang dibawanya adalah hasil kolaborasi dari empat organisasi, yaitu bantuan dari Pemda Konawe Utara, DPW Bulan Bintang Sultra, IKA Smanwa, dan IKA UMI

“Saya datang membawa bantuan dari empat organisasi: Pemda Konawe Utara, DPW Bulan Bintang, IKA Smanwa dan IKA UMI,” tegasnya, mencerminkan sinergi dalam aksi kemanusiaan.

Tidak hanya sebagai pemberi bantuan, Ruksamin turut berdialog dan memberikan semangat kepada masyarakat yang tengah menghadapi cobaan berat akibat banjir.

Ia memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyampaikan pesan kekuatan, mengajak mereka untuk tetap sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian tersebut.

Ruksamin juga berharap bantuan yang disampaikannya dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat yang terdampak.

“Bapak ibu, bantuan yang kami bawa tidak banyak, tapi paling tidak bisa membantu bapak ibu sekalian,” ucapnya.

BACA JUGA:  Seorang Nelayan Hilang di Pulau Padamarang Saat Cari Kayu Bakar

Selain itu, Ruksamin menginstruksikan kepala desa untuk langsung menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak, memastikan bantuan dapat mencapai tangan yang membutuhkannya tanpa hambatan.

Setelah menyerahkan bantuan di Desa Ulu Konaweha, Bupati beserta rombongan melanjutkan misi kemanusiaan mereka dengan penyaluran bantuan di Kelurahan Sakuli dan Watulindu, Kabupaten Kolaka.

Bantuan yang diserahkan oleh DPW PBB secara rinci mencakup 175 karung beras (masing-masing berat 5 kg), 165 dosis Mie instan, 55 rak telur, 65 dosis air mineral, 10 dosis susu, dan 270 kaleng ikan sarden, pakaian, selimut, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

Tindakan dan komitmen yang ditunjukkan oleh H. Ruksamin dan timnya menggambarkan kepemimpinan dan kepedulian yang memberikan harapan di tengah cobaan.

Masyarakat yang merasakan sentuhan kebaikan ini diharapkan dapat merasakan manfaat dan kenyamanan dalam proses pemulihan dari bencana banjir bandang yang melanda wilayah mereka.