2

Didukung Kedubes RI, Pemkab Konsel Sukses Pamerkan Desa Wisata dan Produk UKM di Belanda

Belanda, Elindonews.id – Kedutaan Besar Republik Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia di Belanda, Vereniging Negeriku bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) sukses menggelar pameran desa wisata pertama di Belanda, pada (23/11/ 2023).

Pameran tersebut dibuka oleh Wakil Duta Besar Indonesia untuk kerajaan Belanda, Freddy Panggabean di Indonesia House Amsterdam. Delegasi Pemkab Konsel dipimpin langsung oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, serta jajaran Dinas Pariwisata Konsel.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Konawe Selatan, Adywarsyah Toar dan salah satu pendiri Vereneging Negeriku, Latif Gau, menandatangani naskah kerja sama untuk mempromosikan potensi pariwisata desa wisata Konawe Selatan di Belanda dan di Eropa.

Dalam sambutan Wakil Duta Besar RI untuk kerajaan Belanda menyampaikan bahwa pameran ini merupakan pameran desa wisata pertama kali yang diadakan oleh pemerintah kabupaten di tingkat Belanda dan Eropa dan juga pertama kali menggunakan gedung Indonesian House di Amsterdam yang baru saja di renovasi.

BACA JUGA:  Mumtaz Festival dan Temu Bisnis OPOP Digelar 18 Agustus Perjalanan Lima Tahun Bangun Ekonomi Umat

“Hal ini menjadi istimewa karena gedung Indonesian House, yang dahulu adalah gedung Konsulat Republik Indonesia, selama puluhan tahun tidak pernah digunakan, akhirnya dapat dimanfaatkan kembali dengan tujuan mempromosikan produk dan budaya termasuk pariwisata Indonesia di Belanda dan Eropa,” kata Freddy.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan penghargaan atas dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda serta dari Negeriku yang telah membantu Pemda Konawe Selatan dalam mempromosikan desa wisata dan produk UKMnya di Belanda.

“Salah satu desa wisata di Konawe Selatan yang bernama desa wisata air terjun Moramo Sumbersari adalah pemenang 3 nasional kategori daya tarik pengunjung Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022. Dua desa wisata lainnya yang juga turut masuk dalam ADWI adalah desa wisata Namu dan desa wisata Tatangge,” ungkap Surunuddin.

BACA JUGA:  Pemkab Konsel Apresiasi Kinerja DPRD Dalam Penetapan Raperda Pelaksanaan APBD 2022

Pada pameran desa wisata ini juga mengundang beberapa Tour Operators di Belanda serta publik di Belanda untuk ikut serta menyaksikan produk-produk UKM dan desa wisata Konawe Selatan.

Produk-produk tersebut akan ditampilkan selama November dan Desember 2023 di Indonesian House Amsterdam agar publik yang tertarik dapat hadir dan melihat langsung produk-produknya.

Bagi yang tertarik berkunjung dapat mengirimkan email ke info@negeriku.nl untuk dibuatkan jadwal berkunjung. Indonesia House beralamat di Brachthuijzerstraat 4, 1075 EN Amsterdam.