2

Dinas Perhubungan Gelar Rakor Pengusulan Nama Jalan di Wilayah Konawe Selatan, Berikut Usulannya

Konawe Selatan, Elindonews.id – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Pemkab Konsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) konsel menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pengusulan nama-nama jalan di wilayah kabupaten konsel.

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) Perhubungan Saifuddin Suhri didampingi jajaran Pejabat Dishub, dihadiri Kanit Turjagwali ( Pengaturan , Pengawalan dan Patroli ) Ipda Abdul Waris, Perwakilan Dinas PUTR, Bagian Hukum, serta Camat se-Konsel, di ruang rapat Sekda lantai I Kantor bupati Konsel, 28 November 2023.

Sekdis Perhubungan Saifuddin mengatakan Rakor hari ini dalam rangka menyamakan persepsi dari para camat terkait pengusulan nama jalan dan lorong, yang belum diberi nama, atau sebaliknya yang sudah memiliki nama apakah perlu diganti atau tidak.

Lanjut pria yang akrab disapa Om Boby ini, menjelaskan adapun pemberian nama-nama jalan dengan tetap berpedoman pada nama tokoh pahlawan,tokoh pemekaran kabupaten, tokoh wanita dan tokoh pemuda setempat.

“Pada intinya jalan-jalan poros yang belum memiliki nama, dan kepada para camat kami usulkan untuk pemberian nama berpedoman kepada nama pahlawan atau nama tokoh di kecamatan masing-masing,” usulnya.

Dirinya juga mengimbau kepada para camat agar nama jalan yang telah ada agar tetap dipertahankan. Hal itu untuk menghindari terjadinya kekeliruan antar sesama.

BACA JUGA:  Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Bupati Surunuddin : Jadikan Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Untuk memper cepat dan mempermudah agenda tersebut, tambah dia, pihaknya telah membentuk sebuah tim yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Bagian Hukum dan Dinas PUTR.

“Setelah nama-nama jalan yang diusulkan kami terima barulah akan di SK kan oleh bupati yang kemudian di buatkan perda terkait nama jalan tersebu,” terangnya.

Untuk memantapkan nama-nama jalan yang telah diusulkan camat, Kanit Turjagwali Ipda Abdul Waris meminta pihak camat untuk kembali melakukan rapat bersama tokoh dan masyarakat di wilayah masing-masing.

Upaya itu, lanjut dia agar tidak terjadi lagi riak-riak atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemberian nama jalan. Dirinya mengaku pemberian nama jalan sangat penting,sebab hal itu juga akan mempermudah kinerja satuan lalu lintas dalam melakukan patroli di masing-masing wilayah.

“Nama jalan itu sangat penting, sebab kami dari satuan lalu lintas akan kesulitan memberikan alamat TKP jika terjadi lakalantas. Olehnya itu melalui rakor ini semoga secepatnya nama-nama jalan segera diusulkan dan ditetapkan,” harapnya.

BACA JUGA:  Stand Pameran UMKM Konsel Sabet Juara Favorit 1 di Pekan Produk Unggulan Sultra 2024

Berikut beberapa usulan nama jalan dari camat.

Nama jalan komplek Perkantoran Pemkab Konsel. Jalan Poros Andoolo Kompleks Perkantoran PEMDA Kab. Konawe Selatan

Usulan Camat Palangga

A. Dari simpang tiga beringin menuju perbatasan palangga selatan : Jl. Polingai.

B. Jalan Menuju Polsek Jalan Pendidikan dan sudah terregistrasi di maps

Usulan Camat Tinanggea

A. Dari Bundaran Tinanggea – Desa Tatangge Poros : Jalan H. Abdullah Silondae

Usulan Camat Buke

Poros Andoolo Buke Jalan  Mangidi

Usulan Camat Buke

Kecamatan Angata Tugu Loreng – Lamooso. Jalan Makati.

Tugu Loreng – Kecamatan Benua. Jalan Lamogawe.

Angata- Konawe  Jalan Mutu.

Usulan Camat Palangga Selatan

Ruas 1 dari Simpang 3 Torobulu – Simpang 4 lakara Pantai,belum ada usulan

b. Ruas 2 dari Simpang 4 ululakara – Palangga, belum ada usulan. Meminta waktu satu minggu ke depan untuk menentukan usulan nama jalan.

Sementara beberapa camat lainnya belum memberikan usulan nama jalan, mereka meminta waktu untuk berembuk melakukan musyawarah bersama masyarakat dan tokoh untuk pemilihan dan pemberian nama-nama jalan di tempat masing-masing.