2

Prajurit Lanal Kendari Dilatih Meningkatkan Pelayanan Publik di Wilayah Maritim dan Pesisir

Kendari,ElindoNews.id – Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari mengikuti sosialisasi dan pelatihan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik tahun 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Tim Spotmaral TNI AL Pabandya Kommas Ban IV Spotmaral Mabesal, Letkol Laut Ferry Tabas di Markas Komando Lanal Kendari, Rabu 20 September 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembinaan pelayanan publik di tingkat satuan wilayah Lanal Kendari.

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan, bahwa kunjungan Tim Spotmaral TNI AL ini merupakan bagian dari komitmen Lanal Kendari dalam mewujudkan zona integritas.

BACA JUGA:  Mantap! Ide Ali Mazi,Jadikan Sultra Sebagai Perwakilan Indonesia pada Pertemuan Internasional di Dakar

Tim terdiri dari tiga staf utusan Mabes AL, yaitu Srena Mabesal, Spersal, dan Dispotmaral, dengan program yang saat ini dipimpin oleh Dispotmaral.

“Kegiatan sosialisasi hari ini berfokus pada bidang pelayanan masyarakat di wilayah pesisir dan maritim,” kata Danlanal.

Abdul Kadir Mulku Zahari menyebutkan, ada tiga aspek yang menjadi fokus dalam kegiatan tersebut, yaitu zona integritas dan pelayanan publik, pelayanan kepada masyarakat di wilayah pesisir dan bantuan pelayanan hukum.

Lebih lanjut, pentingnya kegiatan ini karena meskipun pelayanan telah dilakukan sebelumnya, masih diperlukan peningkatan dan perbaikan yang lebih maksimal, sehingga sosialisasi diperlukan untuk meningkatkan kualifikasi SDM prajurit Lanal Kendari.

BACA JUGA:  BEM Unsultra Deklarasi Pemilu Damai, Ajak Mahasiswa Tolak Politisasi Kampus

“Pelayanan publik kepada masyarakat pesisir difokuskan pada peningkatan kinerja bagi babinposmar, sehingga mereka mampu memahami permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir,” jelasnya.

Sementara itu, Pabandya Kommas Ban IV Spotmaral Mabesal Letkol Laut Ferry Tabas berharap sosialisasi tersebut akan memberikan manfaat baik dalam aspek teori maupun praktek kepada seluruh personel Lanal Kendari.

“Dengan adanya kegiatan ini, personel dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada organisasi, masyarakat, dan pemerintah di wilayah Lanal Kendari,” pungkasnya.