2
RAGAM  

Dirut Perumda Wawowonua Dukung Terbentuk PWI Konsel

Kendari,ElindoNews.id – Terbentuknya Peersatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui sidang pleno diperluas PWI Sulawesi Tenggara (Sultra) 30 Agustus 2023 lalu,  terus mendapat atensi dan dukungan. Diantanya dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Wawowonua Konawe Selatan. Selasa,12 September 2023.

Direktur Utama Perumda Wawowonua Konsel Arif Rachman mengatakan, mendukung terbentuknya PWI Kabupaten Konawe Selatan. Pasalnya, selama Konsel memekarkan diri dari Kabupaten Konawe tahun 2003 lalu, keberadaan wartawan di wilayah otoritas H Surunuddin Dangga dalam menyampaikan berita dan informasi tentang pemerintahan  dan pembangunan tidak dapat dipisahkan.

“Kami tentunya mendukung sepenuhnya terbentuknya Organisasi wartawan melalui PWI di Konawe Selatan. Sudah 20 Tahun Konsel, lembaga yang menaungi wartawan di Konsel kan belum ada. Sehingga dengan adanya PWI di daearah ini adalah langkah maju,”ujarnya kepada jajaran pengurus PWI Konsel saat melalkukan audiens di Kendari.

BACA JUGA:  Gelar Milad ke-57 dan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ini Pesan Ruksamin

Menurut Arif Rachman, dengan adanya organisasi wartawan di daerah memudahkan bagi Pemerintah atau lembaga lain, termasuk Perumda Konsel untuk bersinergi dalam memberikan informasi tentang Konawe Selatan, khususnya bagi Perumda yang menjadi bagian dari Pemerintah Dadarah dalam pengembangan usaha di daerah untuk peningkatan pendapatan daerah.

“Iya, selama ini, karena belum ada organisasi wartawan seperti PWI, kami dalam kegiatan penyampaian informasi atau berita hanya menghubjngi personal wartawan yang diketahui. Tetapi dengan adanya wadah PWI sudah dapat memudahkan kami untuk bekerja sama atau menjadi mitra,”ungkapnya.

Mantan Direktur Wahana Lingkungan Hkdup (Walhi) Sultra ini berharap, kehadiran organisasi PWI di Konawe Selatan ini akan menjadi lembaga yang benar benar menanungi awak awak media yang bertugas di Konsel dalam mencari informasi dan membuat berita untuk disampaikan kepada publik melalui media cetak, elektronik dan online secara profesional.

BACA JUGA:  Ridwan Kamil Lepas 27 Ribu Pelari Pocari Sweat Run Indonesia 2023

“Kita harap jangan ada yang menyebut wartawan “Abal-abal” wartawan Bodreks dan lainnya. Karena profesi ini sangat penting, sehingga PWI dapat memberikan perlindungan dan juga memberikan peningkatan sumber dayanya dalam menulis berita yang benar dan bukan Hoak,”tandasnya.

Sementara itu Ketua PWI Konsel Herman di dampingi Sekretatis PWI Supyan Hadi dan sejumlah pengurus lainnya mengatakan bahwa PWI Kabupaten Konsel terbentuk berdasarkan hasil pleno diperluas PWI Sultra per 30 Agustus 2023 lalu. Dari hasil pleno itu menyalebutkan, Konsel sudah dapat dibentuk PWI cabang, dengan syarat mengantongi Kartu Biasa PWI dan telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Terima kasih atas dukungan dari sejua pihak, termasuk dari Perumda Konsel yang telah bersedia menjadi mitra PWI Konsel untuk membantu memberikan informasi tentang Konawe Selatan yang diliputi 25 Kecamatan ini,”katanya singkat.