2

Replika Tokoh Pejuang Kemerdekaan, Ramaikan Pawai Pembukaan Porseni Kecamatan Andoolo

Konawe Selatan,Elindonews.id – Beragam warna dan Replika Tokoh Pejuang Kemerdekaan Ramaikan Pawai Pembukaan pekan olahraga dan seni (Porseni) tingkat Kecamatan Andoolo kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam rangka perayaan HUT RI ke 78.

Seperti replika pahlawan nasional Jenderal Sudirman, Sukarno Hatta, Pejuang TNI dan Polisi jaman dulu, tokoh pahlawan perempuan, tokoh agama serta replika satu nusa satu bangsa menghiasi setiap barisan Devile peserta.

Para peserta itu terdiri dari perwakilan semua desa dan kelurahan di Kecamatan Andoolo,Sekolah mulai dari SD,SMP,SMA/SMK, penyelenggara Pemilu, PPK, PPS, Sekretariat, Panwascam,UPTD KB dan Puskesmas Andoolo.

Camat Andoolo Arsyl Z. Ihsan Silondae, S.STP, M.Si mengatakan setiap peserta pawai diwajibkan menyampaikan sinopsis yang dibacakan pada saat melintas dipanggung penghormatan.

“Agar lebih seru, setiap peserta juga diberi kesempatan untuk menyampaikan yel-yel,dan variasi barisan yang di iringi oleh musik,”kata Arzyl.

Arzyl berharap semoga kegiatan ini dapat menciptakan dan meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangs diantara sesama warga masyarakat kecamatan Andolo pada khususnya dan warga masyarakat Konawe Selatan pada umumnya.

BACA JUGA:  Dihadiri Ketum Haris, AJP Buka Turnamen Mini Soccer U14 KNPI Cup di Kolono

“Tentunya juga meningkatkan Jiwa Sportifitas bagi setiap peserta Lomba disetiap cabang Olahraga yang dipertandingkan,” harapnya.

Mewakili bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST,MM, Asisten III Bidang Pemerintahan Setda Konsel Syamsul saat membuka kegiatan mengapresiasi para peserta yang begitu antusias mengikuti perayaan tersebut.

Menurutnya, kegaiatan semcam ini merupakan hal yang positif. Di bulan kemerdekaan ini, karena lanjut dia, diisi dengan agenda-agenda yang positif.

Selain menyemarakan kemerdekaan, kegiatan ini juga mampu menguatkan persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

“Negara ini merdeka karena semngat persatuan dan kesatuan, olehnya itu untuk mendorong pembangunan daerah kita wajib menjaga hal twrsebut. Jangan mudah terprovokasi apalagi terpecah belah karena Perbedaan” ujarnya.

Memupuk rasa persatuan, lanjutnya,  menjadi semangat yang penting. Mengingat Konsel merupakan wilayah yang heterogen. Beragam suku ras dan agama ada di daerah ini.

BACA JUGA:  12 Tim Jurnalistik Akan Meriahkan Turnamen Futsal IJTI Sultra CUP III

“Semboyan Bhineka Tunggal Ika bukanlah jargon, melainkan landasan kita untuk tetap bersaudara sesama putra putri bangsa. Mari bersama sama kita raih cita cita pembangunan, mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,”pintanya.

Sekcam Andoolo Samrudin S.Ip,selaku ketua panitia mengatakan peserta yang mengikuti Lomba kegiatan adalah Masyarakat Desa/Lurah se-kecamatan Andoolo dan tingkat SMA, SMK, SMP, SD dan TK/Paud.

“Tempat Pelaksanaan kegiatan olahraga di Lapangan Sepak Bola Andoolo dan untuk seni di Sanggar PKK Kecamatan Andoolo,”sebutnya.

Adapun jenis kegiatan yang akan dipertandingkan terdiri dari cabang olahraga bola voli putra-putri,sepak takraw,bola Gotong Putri, bola dangdut putra-putri.

“Cabang olahraga itu pesertanya Desa/kelurahan dan SMA/SMK,” terangnya.

 

Sementara untuk kegiatan kesenian,lanjut Samrudin, ditingkat SMP dan SD, yakni lomba paduan suara tingkat dan lomba baca puisi. Selanjutnya untuk tingkat TK dan PAUD adalah lomba menghafal Pancasila.

“Kegiatan penutupan dan Malam Ramah Tamah direncanakan pada hari Minggu, 27 Agustus mendatang,” tutup dia.