2

Sekda Chadidjah, Sebut Pengelolaan Koperasi Memerlukan Manajemen yang Baik

Ketgam: Sekda Konsel Hj St Chadidjah S.Sos,M.Si didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Konsel Agustiana Melamba SH, M.AP dan Sekdis Koperasi dan UMKM Jimmy Nurman saat membuka kegiatan pelatihan.

KENDARI,Elindonews.id – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pelatihan Dasar-dasar Manajerial Pengelolaan Koperasi bagi para pengelolah koperasi di Konsel.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari itu dimulai sejak Kamis, 5-7 Juli 2023. di buka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Hj St Chadidjah S.Sos, M.Si, didampingi Kadis Koperasi dan UMKM Agustiana Melamba SH,M.AP, Sekdis Koperasi Jimmy Nurman S.Sos. Bertempat di hotel Kubra Kendari.

Mantan Kepala BKPSDM Konse ini menyebut Manajemen Koperasi adalah suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama, berdasarkan azas kekeluargaan.Untuk mencapai tujuan itu, sambung dia perlu diperhatikan adanya sistem manajemen yang baik.

“ Tujuannya agar koperasi tersebut berhasil dengan diterapkannya fungsi-fungsi manajemen,” kata Chadidjah saat menyampaikan sambutan pembukaan pelatihan.

Menurutnya, sebagai badan usaha, koperasi membutuhkan manajemen yang baik agar tujuan koperasi tercapaidengan baik dan benar.

“ Jadi hal yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya terletak pada unsur manajemen organisasi yang menggerakkan operasional koperasi serta pengurus, pengawas, pengelola dan anggota,” terang mantan Kadis Perindag Konsel ini.

BACA JUGA:  Turnamen Sepak Bola Mini Cup I Desa Tirta Martani Resmi Bergulir, AJP : Junjung Tinggi Sportifitas dan Rawat Silaturahmi

Selain itu, jelas Chadidjah Operasionalisasi koperasi berjalan sesuai dengan AD/ART yang diputuskan dalam Rapat Akhir Tahun (RAT) yang merupakan bagan tertinggi dalam struktur organisasi koperasi.

Pada RAT, keputusan-keputusan strategis diputuskan, seperti membuat kebijaksanaan umum, mengangkat dan memberhentikan pengurus dan pengawas.

Olehnya itu, Chadidjah mengimbau kepada para pengurus Pengurus koperasi bertugas memimpin jalannya koperasi sedangkan pengawas tugasnya mengawasi jalannya koperasi.

“ Saya berharap koperasi-koperasi yang ada di Konsel dapat lebih meningkat dan berkembang. Pemkab Konsel telah berkomitmen untuk terus memberikan support kepada para pengelolah koperasi,” janji dia.

Senada dengan Sekda Chadidjah, Kadis Koperasi dan UMKM Konse Agustiana Melamba, berharap dengan kegiatan tersebit dapat meningkatan Pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta peningkatan  kapasitas dan kompetensi SDM para pengurus koperasi melalui program dan kegiatan pelatihan.

“Dalam hal manajemen pengelolaan koperasi yang epektif dan efisien, Maka Di Pandang Perlu Untuk Melaksanakan Kegiatan pelatihan ini,” kata dia.

Dengan tujuan, lanjut dia, dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi pengurus tentang menajemen pengelolaan koperasi

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Maknai Kemerdekaan, Sebagai Cambuk Semangat Dorong Laju Kinerja Pemda

 “ Outputnya diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini akan Tercipta manajemen pengelolaan kelembagaan koperasi yang handal dan baik sesuai dengan aturan dan kaidah perkoperasian sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan pertumbuhan usaha koperasi yang maju, mandiri dan Profesional,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Sadjaruddin, selaku panitia pelaksana kegiatan menjelaskan para peserta dalam kegiatan tersebut merupakan para pengurus koperasi yang baru di bentuk dan dikukuhkan serta pengurus yang baru terpilih melalui RAT koperasi yang ada di wilayah kabupaten Konsel.

“ Adapun Narasumber pada kegiatan ini, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sultra. Bidang Kelembagaan,Bidang Pengembangan, Kabid Hukum, Kabid usaha dan pembiayaan koperasi, serta akademisi lainnya,” sebutnya.

Untuk diketahui usai pembukaan pelatihan juga dirangkaikan dengan pemberian reward berupa bantuan hibah barang (Laptop) kepada Koperasi berprestasi di Konsel.

Antara lain,KPRI Masagena (Kelurahan Konda Kecamatan Konda), KSU Mitra Sekawan (Kelurahan Ranomeeto Kecamatan Ranomeeto), KSP Gotong Royong (Desa Sukamukti Kecamatan Lalembuu) kemudian Kopwan Sri Rejeki (Desa Lapoa Indah Kecamatan Andoolo Barat).