2

Merawat Sikap Toleransi, FKUB Konsel Turut Menjemput Bupati Surunuddin Usai Laksanakan Rukun Islam ke Lima

KONAWE SELATAN,Elindonews.id – Sikap Toleransi antar Kerukunan Umat Agama di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus dirawat hingga saat ini. Kerukunan yang diterapkan selama ini oleh masyarakat bukan hanya berbuah manis tentram untuk kehidupan di Kabupaten Konsel, melaikan memupuk silaturahmi yang selama ini menjadi kebiasaan antar sesama.

Kebiasaan itu pula terlihat saat rombongan FKUB Konsel yang dipimpin oleh Ketua FKUB KH Syaikh Junaidi Arisallah,didampingi Kabag Kesra Hamlin Ode Makkah,Sekretaris FKUB Yusran, serta anggota FKUB lainnya. Yang kemudian bergabung dengan rombongan penjemput dari Keluarga Bupati, maupun  Pemda Konsel yang dipimpin oleh Sekda Hj St Chadidjah beserta jajaran OPD Konsel.

Untuk menjemput kedatangan Bapak Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST,MM, dan Istri Hj Nurlin di Bandara Haluoleo, kemarin Sabtu (08/07). Usai melaksanakan ibadah Haji di tanah suci Mekkah.

Ketua FKUB Konsel KH Syaikh Junaidi Arisallah menyebutkan ada kebiasaan yang telah lama dilakukan di daerah berpenduduk 312.674 jiwa ini. Kebiasaan itu adalah saling mengunjungi antar pemeluk agama, Pejabat Daerah,Tokoh Masyarakat, Pemuda di saat hari raya keagamaan.

“ Bukan saja mengunjungi saat hari besar agama, namun yang saat ini kita lakukan menjemput jamaah Haji ke tanah suci maupun sebaliknya. Juga merupakan kebiasaan masyarakat kita,hal itulah yang akan menghilangkan jika ada perasaan canggung,” kata dia saat kepada awak media.

BACA JUGA:  Raih Opini WTP, Surunuddin: Pemkab Konsel Komitmen Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Menurut Junaidi, silaturahmi yang dibangun saat ini akan menjadi kunci terawatnya kerukunan di bumi konawe selatan untuk lebih hebat dan maju sesuai dengan visi misi Pemerintah daerah.

“ Tentu kita semua berharap sikap toleransi antar umat agama dapat terus terjaga demi merawat persatuan dan kesatuan bangsa,” harapnya.

Dari pantauan media ini, Bupati bersama ibu saat tiba langsung disambut oleh rombongan penjemput. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Konsel ini menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan FKUB Konsel yang meluangkan waktu hadir untuk menjemput.

“Alhamdullilah tiba dengan selamat, terimakasih atas semua doanya,” ucap Surunuddin sembari menyalami para penjemput.

Tak sampai selesai di bandara saja, rombongan Pemda dan FKUB beriringan mengantar hingga ke kediaman bupati di Kelurahan punggolaka. Dimana tempat tersebut juga dilakukan penyambutan yang dilanjutkan Shalawat, Tasyukuran dan doa bersama yang dipimpin oleh ketua FKUB.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Sambut Hangat Kedatangan Wakil Presiden RI di Sulawesi Tenggara

Dihadapan keluarga dan para jamaah, mantan ketua DPRD Konsel ini, menceritakan kisah dan pengalaman saat menunaikan ibadah Haji yang diselimuti tangis dan haru yang tidak terbendung.

“ Banyak hal yang saya lihat seperti sudara-sudara kita para jamaah dari tanah air maupun dari luar yang sudah lansia begitu sulitnya mereka. Itulah yang membuat saya sangat terharu sampai menangis. Alhamdulillah saya sangat bersyukur dalam mejalankan ibadah Haji saya diberikan kesehatan dan kekuatan selama ibadah,” ungkapnya.

Olehnya itu, Surunuddin kembali mengucapkan beribu terimakasih buat masyarakat yang telah mendoakan seluruh jamaah Haji khususnya dari Konsel. Sehingga bisa kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat.

“Saya berharap semoga Allah SWT memberikan kita semua kesempatan untuk melaksanakan ibadah Haji,” harap Surunuddin.

Terimakasih juga kepada jajaran Pemda Konsel, Sekda, OPD dan pihak terkait lainnya yang telah membantu tugas dan fungsi roda pemerintahan tak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada FKUB yang telah menjaga kerukunan umat beragama di wilayah masing-masing.

“ Sekali lagi Saya ucapkan banyak terimakasih Semoga kita semua terhindar dari hal-hal buruk,” pinta dia.