2

Forkom Sultra Gelar Audiensi Bersama Kesbangpol Bahas Anggaran Ormas

Kendari,Elindonews.id – Forum Komunikasi Organisasi Masyarakat Sulawesi Tenggara (Forkom Sultra) menggelar audiensi bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra tentang transparansi anggaran Ormas yang ada di Sultra.

Audiensi yang digelar diruang rapat aula kantor Kesbangpol Sultra yang dihadiri oleh beberapa Ketua & anggota Ormas,LSM,OKP dan Organda, Rapat dibuka langsung oleh Kepala  Kesbangpol Sultra Harmin Ramba. Jumat,14 Juli 2023.

Harmin menjelaskan terkait anggaran ormas,mekanisme berorganisasi yang menjadi polemik akhir-akhir ini,kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab kepada masing-masing Ketua Ormas,LSM,OKP dan Organda.

Berdasarkan observasi dan pendataan Kesbangpol, ungkap Harmin, ada beberapa alasan yang menyebabkan Ormas tidak terdaftar maupun mendaftarkan diri di Kesbangpol Sultra,Di antaranya adalah sudah tidak ada aktivitas kelembagaan,kepengurusan yang tidak aktif hingga malas untuk mengurus administrasinya.

Menurutnya, Ormas yang sehat memiliki tiga indokator yaitu melakukan Kordinasi ketika SKT-nya mati, bekerja berdasarkan Anggaran Dasar Anggaran Rumah tangga (AD/ART) masing-masing utamanya dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA:  Klasemen F1 2019 Usai Bottas Menangi GP Australia

“Pertemuan hari ini adalah rapat audensi dan tentu saya memberikan penghargaan apresiasi dan inilah harapan-harapan kami.Saya anggap ormas yang hadir hari ini merupakan Forum yang luar biasa,karna telah mau malaksanakan diskusi dan beraudiensi membahas terkait anggaran,tentunya sangat bagus untuk keberadaan Ormas di Sulawesi Tenggara ini,” kata Harmin.

“Jadi tadi sudah ada 9 poin,salah 1 poinnya adalah bagaimana ormas ini dapat mendampingi pemerintah dalam rangka mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah tentang pembangunan itu sendiri,kemudian ada beberapa kesepakatan hari ini adalah bagaimana Kesbangpol Sultra mendorong keterbukaan kebijakan anggaran terhadap Ormas-ormas yang ada di Sultra,karna kita tahu selama ini memang kami akui bahwa selama ini kita belum memberikan seperti hibah kepada Ormas-ormas di Sulawesi Tenggara,” tambah dia.

Olehnya itu dia berharap teman-teman Ormas bagaimana mangawal Kesbangpol mendukung dalam membantu menyuarakan bersama sehingga kedepannya anggaran Ormas ini dapat disiapkan dan disalurkan oleh Pemerintah Daerah.

BACA JUGA:  Jawa Barat Kondusif, Ridwan Kamil Apresiasi Kedekatan Polri dengan Rakyat

Ketua Presidium Forkom Sultra Muh Amsar S menyampaikan dukungan terhadap pemerintah dalam memberikan perhatian khusus terkait keberadaan Ormas-ormas yang mempunyai legalitas yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Semoga hasil dari audiensi ini menghasilkan sebuah pemikiran yang sehat yang baik dan positif untuk kita dukung bersama kepada pihak pemerintah dalam hal pembangunan di Sultra, dan pada prinsipnya Ormas Forkom Sultra ini akan dibentuk secara resmi dan mempunyai juga legalitas yang dikeluarkan oleh pihak Kesbangpol,”harapnya.

Sementara Wakil Presidium Forkom Sultra Adyansyah,menjelaskan bahwa Audiensi kali ini bukan hanya sekedar berbicara kosong di depan Kepala Kesbangpol Sultra.

“Tadi  kami sudah menyepakati secara bersama poin-poin yang akan di perjuangkan di pemerintah Provinsi, tentu subtansi dari Audiensi tadi adalah Kesbangpol akan siap mengawal dan mengajukan anggaran Ormas Sultra di DPRD Provinsi, yang tentunya Ormas yang  punya legalitas jelas,” tegasnya.