2

Sapi Asal Konsel Dengan Harga 95 Juta Bakal Dikurbankan Presiden Jokowi di Baubau

 

KONAWE SELATAN – Presiden Republik (RI) Indonesia Joko Widodo (Jokowi) bakal menyumbangkan satu ekor sapi Kurban di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari raya Idul Adha 1444 Hijiriah mendatang.

Menariknya sapi kurban milik 01 RI ini berasal dari Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konsel (Distankeswan) Suwardi saat dikonfirmasi Kamis,22 Juni 2023.

“ Sapi kurban Presiden Joko Widodo jenis sapi limousin dengan bobot 850 kilogram.
Sapi ini hasil kawin suntik petugas inseminator Kabupaten Konawe Selatan,” bebernya.

BACA JUGA:  Kadin, IMI Sultra dan Lanud HO Sukses Bagikan Bantuan saat Touring Ramadan

Suwardi menyebut Pemilik sapi merupakan warga Desa Morome Kecamatan Konda bernama Edi Ardiyanto. Menurutnya, Presiden Jokowi sudah kesekian kalinya memilih sapi kurban dari Konsel.

“Kalau tidak salah ini kali ketiga bapak Presiden kurban sapinya berasal dari Konawe Selatan,”terangnya.

Terpisah Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, La Ode Muhammad Rusdin Jaya juga membenarkan hal itu.Kata dia, tim dari kepresidenan dalam waktu dekat ini bakal mengecek langsung sumbangan sapi kurban presiden di Sultra.

Rusdin mengatakan kedatangan tim tersebut untuk memastikan kondisi kesehatan sapi dan biayanya berapa.

BACA JUGA:  Jawa Barat Tak Tertandingi, Lima Tahun Terakhir Realisasi Investasi Rp 685,35 Triliun

“Jadi tim dari kepresidenan akan datang untuk memastikan dari tiga pilihan sapi yang kita dorong untuk kurban Pak Presiden akan di finalkan menjadi satu. Dan kita final jenis sapi limousin.

Mantan Kepala Biro Pembangunan Sultra ini menambahkan, untuk lokasi pemotongan sapi kurban presiden bertempat di Kota Baubau.

“Sapi tersebut berusia 4 tahun dengan 850 kilogram, jadi hampir satu ton. Jadi ini sapi limousin warna hitam dan harganya sekitar Rp95.000.000. juta termaksud ongkos transpor ke Baubau. Dan bantuan sapi presiden ini setiap tahun ada,” ungkapnya.