2

Demi Kesejahteraan dan Kemajuan Masyarakat Nelayan,Nakman Bulatkan Tekad Tarung Pileg 2024

Ketgam: Nakman caleg Partai Ummat Dapil V Konsel

KONAWE SELATAN – Namanya adalah Nakman S.Pd. Dia merupakan Sala satu tokoh pemuda Konawe Selatan (Konsel),yang berasal Kecamatan Laonti yang menyatakan diri maju bertarung di Pemilhan Legislatif (Pileg) 2024, mendatang.

Ikhtiar Nakman untuk maju calon legislatif (Caleg) DPRD Konsel bukan tanpa alasan. Pemuda dengan latar belakang sarjana Pendidikan ini mengaku punya harapan besar untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Konsel khususnya di Daerah Pemilihannya (Dapil) yang meyoritas berprofesi sebagai Nelayan.

“ Tekad itulah yang mendorong saya untuk maju di kontestasi Pileg 2024 di Dapil V Laonti, Moramo Utara, Moramo, Kolono dan Kolono Timur ,”  ujar Nakman, kepada media ini. Selasa, 23 Mei 2023.

Pemuda yang Menetap di Desa Ulu sawa Laonti,dan aktif pada Organisasi Masyarakat (Ormas) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dengan jabatan sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Konsel.

“ Aktif di HNSI, membuat saya banyak mendapat pelajaran dan pengalaman tentang suka duka sebagai Nelayan, dari pengalaman dan dorongan dari masyarakat itulah saya bulatkan tekad untuk mengadu nasib maju Pileg demi sebuah harapan besar dari masyarakat Nelayan,” ungkap Nakman.

BACA JUGA:  Pemkab Konsel, Konsisten Tingkatkan SDM Melalui Sekolah Pendidikan Agama

Maka dari itu saya Sendiri berinisiatif dan merasa terpanggil dan juga dorongan teman-teman bersama keluarga Untuk berbuat demi kemaslatan Ummat Untuk maju ikut berkompetisi memperjuangkan hak hak masyarakat, aspirasi masyarakat. yang selama ini tidak terpenuhi dan tidak tersalurkan dengan baik agar bisa tersalurkan dengan baik.

“ Semoga niat tulus saya ini mendapat doa dan dukungan dari seluruh masyarkat Konsel di Dapil V dan yang terkhusus masyarakat Nelayan,” pintahnya.

Selain melaksanakan tugas wajib DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu : Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran daerah(APBD) Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

Daftar Caleg dengan menggunakan kendaraan Partai Ummat Nakman, mengaku telah menyiapkan program jika nantinya masyarakat memberikan peluang untuk duduk sebagai anggotan DPRD Konsel.

BACA JUGA:  Terapkan SPBE, Asembu Mulya Wakili Konsel Diajang Lomba Desa Tingkat Provinsi

Sala satunya, sebut Nakman yakni Sosialisasi untuk meningkatkan uhuwa islamiyah dan silaturahmi antar sesama Ummat, kemudian peningkatan infrastruktur jalan, drainase dan sarana air bersih.

“ Selanjutnya mengadakan modernisasi perikanan dengan memberikan bimbingan dan tutunan kepada nelayan di bidang penangkapan, pengolahan, dan pemasaran, serta medorong terbentuknya koperasi yang bergerak di bidang perikanan,” sebutnya.

Kemudian lanjut dia, pada peningkatan taraf hidup nelayan, baik jasmani maupun rokhani. Meningkatkan partisipasi nelayan dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunan Daerah. Dengan mengadakan kerjasama dengan berbagai badan dan lembaga yang bergerak dalam bidang perikanan, baik antar Daerah mapun Provinsi.

Menciptakan iklim kerja yang baik dan memperjuangkan adanya peraturan perundang-undangan yang memberikan jaminan dan perlindungan hukum bagi kepentingan nelayan, juga menjadi sala satu program Nakman.

“ Seperti jaminan hari tua, dan berbagai rekomendasi kebijaksanaan sebagai masukan kepada pemerintah dalam rangka memajukan dan mensejahterakan nelayan dan budidaya,” terangnya.