2

DLH Konawe Utara Sosialisasikan Program Proper dan Simpel untuk Pengelolaan Lingkungan Hidup

Konawe Utara, ElindoNews.id– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menggelar sosialisasi program penilaian peningkatan kerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (Proper) dan sistem informasi pelaporan elektronik (Simpel).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konut, Safruddin, S.Pd, M.Pd, dan berlangsung selama dua hari, 15-16 Mei 2024.

Screenshot

Sosialisasi ini diikuti oleh 56 perusahaan dari sektor pertambangan yang beroperasi di wilayah Bumi Oheo. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konut, Marjoni, SKM, MPH, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan diskusi mengenai implementasi Proper dan Simpel.

BACA JUGA:  Komitmen Tekan Inflasi, Pemda Konsel Luncurkan Gerakan Tanam Cabai di Moramo Utara

“Kami ingin melalui sosialisasi ini, perusahaan-perusahaan di Konawe Utara dapat mengimplementasikan Proper secara menyeluruh dan melaporkan pelaksanaan program ini dengan benar,” ujar Marjoni.

Marjoni berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh kepada para pelaku usaha tentang tahapan dan proses pelaksanaan Proper, sehingga tujuan program dapat tercapai.

BACA JUGA:  DLH Konut Komitmen Mengurai Permasalahan Sampah di Bumi Oheo

“Kami ingin menciptakan kondisi lingkungan hidup yang baik, mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, menciptakan ketahanan sumber daya alam, dan mewujudkan iklim usaha yang kondusif dan ramah lingkungan,” tambahnya.

Ia juga mendorong perusahaan untuk melakukan pelaporan secara mandiri, cepat, dan tepat, terutama bagi perusahaan yang berfokus pada prinsip produksi bersih atau eco-efficiency.