2

Konutara Sejati Konsisten Kembangkan Pemberdayaan Masyarakat Desa Lingkar Tambang

Konawe Utara, ElindoNews.id – Utusan PT Konutara Sejati kembali menyambangi lokasi pengelolaan usaha peternakan dan pertanian yang masuk ke dalam area lahan konsesinya di Desa Sarimukti, Tobimeita, Mekar Jaya dan Marombo Pantai, Kecamatan Langgikima, Konawe Utara, pada Kamis 14 Maret 2024.

Kunjungan ini merupakan rutinitas perusahaan dalam upaya memenuhi tanggung jawab sosial melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) desa lingkar tambang, sebagaimana ketentuan tata kelola pertambangan.

“PT Konutara Sejati selalu berupaya memberikan manfaat bagi masyarakat, antara lain lewat program PPM. Harapannya dengan adanya program ini dapat mewujudkan pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar humas perusahaan, Li Chao dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa 19 Maret 2024.

BACA JUGA:  Pimpin Upacara Hari Bela Negara ke-75 Tahun, Bupati Konawe Utara: Momentum Bersatu dan Berkontribusi Positif Menuju Indonesia Maju

Dalam program PPM, PT Konutara Sejati memiliki orientasi mengembangkan masyarakat setempat melalui sektor pertanian, peternakan, kesehatan dan pendidikan berbasis pemberdayaan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

Saat kunjungan pekan lalu, pihak perusahaan meninjau kondisi kandang ayam petelur selaku usaha di bidang peternakan. Sebelumnya, perusahaan telah menyuplai bantuan selain kebutuhan kandang, juga bibit dan pakan ternak.

Di samping itu, perusahaan turut mendampingi kegiatan usaha dengan memberi pengetahuan tentang cara pengelolaan usaha budidaya ayam petelur.

Selain itu, perusahaan mendukung pula pemberdayaan masyarakat di sektor pertanian, yang terlihat lewat edukasi kelola usaha serta pemberian bantuan fasilitas penunjang kerja-kerja pertanian. Seperti, perlengkapan alat uji tanah kering (PUTK) dan alat uji pupuk organik alias PUPO.

BACA JUGA:  DPMD Konut Mulai Distribusi Logistik Pilkades Sertak 78 Desa

Bantuan lain yang diberikan berupa alat tangki penyemprot, mesin traktor dan bibit serta bahan pembuatan pupuk organik. Tak hanya itu, perusahaan juga mendampingi masyarakat dengan menyediakan tenaga profesional untuk membimbing pemakaian teknologi alat pertanian.

Sebelumnya, sebagai upaya merealisasikan program PPM, perusahaan menyalurkan bantuan di sektor kesehatan dan pendidikan. Berupa pemberian insentif bagi tenaga kesehatan honorer di Puskesmas Langgikima dan Langgikima Pesisir.

Sedangkan di bidang pendidikan, perusahaan mengadakan bantuan beasiswa yang diberikan secara langsung kepada organisasi perkumpulan mahasiswa.

Pihak perusahaan pun menyebut sejauh ini program PPM telah mendapat dukungan, baik dari masyarakat maupun pemerintah desa setempat.