2

Hijauan Pakan Berkualitas, Tingkatan Populasi Sapi di Padang Pengembalaan Anduna Konsel

Konawe Selatan, Elindonews.id – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan hewan (Disnak Keswan) terus melakukan pembenahan Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Anduna Kecamatan Wolasi.

Upaya itu dilakukan, Pelaksana Tugas (Plt) Disnak Keswan Hamsir, guna meningkatkan populasi sapi di UPTD Disnak Keswan padang Pengembalaan Anduna.

Mantan camat Kolono Timur ini, mengaku saat ini tengah fokus pada pembenahan UPTD dengan peningkatan SDM dokter hewan dan juga perawatan tanaman pakan hewan.

BACA JUGA:  Diskominfo Konsel Kembangkan Satu Sistem yang Mencakup Seluruh Layanan

“Penyediaan Hijauan Pakan Ternak (HPT) yang cukup dan berkualitas merupakan syarat mutlak yang harus kami penuhi demi meningkatkan populasi sapi di konawe selatan,” ungkap Hamsir saat ditemui di padang Pengembalaan, Selasa, 30 Januari 2024.

Menurutnya dengan pakan yang cukup dan berkualitas, maka  ternak akan sehat dan produktif, hal ini juga dapat memberi motivasi. Selain itu, kata dia, pengecekan kesehatan hewan juga sangat penting dan kegiatan tersebut juga rutin dilakukan.

BACA JUGA:  899 Calon ASN PPPK di Konawe Selatan Ikuti Seleksi CAT

“Intinya peningkatkan kualitas pakan,tidak hanya mengandalkan rumput lokal, makanya kami melakukan penanam rumput pakan ternak. Dengan jenis rumput gajah, odot dan BD (Branchiaria Decumben),” terang dia.

Hamsir menyebut saat ini lahan yang telah diolah untuk penanaman rumput pakan seluas 40 Hektar are. Dirinya optimis stok tersebut dapat mencukupi hingga setahun.

“Selain penyediaan pakan, peningkatan infrastruktur sarana dan prasarana juga akan dibenahi seperti pagar,” pungkasnya.