2

Pastikan Pemilu Berjalan Kondusif, Polres Konawe Selatan Siagakan Ratusan Personel

Konawe Selatan, Elindonews.id – Guna memastikan pesta demokrasi berjalan dengan aman dan kondusif, Polres Konawe Selatan (Konsel) akan menurunkan 256 personel pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024.

Kabag Ops Polres Konsel, AKP Ismail Pali mengatakan, bahwa pihaknya juga mendapat bantuan personel dari Polda Sultra dan Satuan Brimob.

“256 personel ditambah 60 orang anggota yang tergabung pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) Polda Sultra dan 100 anggota dari Satuan Brimob akan mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS),” kata Ismail, Selasa 19 Desember 2023.

BACA JUGA:  Polda Sultra Musnahkan Narkotika Hasil Penindakan Januari-Maret 2024

Lanjutnya, 100 personel Brimob akan disiagakan di beberapa titik rawan seperti Kecamatan Tinanggea, Angata dan Moramo.

“Kita pecah, karena rayon Tinanggea meliputi Kecamatan Buke, Andoolo, Andoolo Barat, Tinanggea, dan Lalembuu. Sementara rayon Angata meliputi Basala, Benua, Angata, Mowila, Sabulakoa dan Landono. Moramo meliputi Moramo Utara, Moramo, Kolono, Kolono Timur dan Laonti,” jelas Ismail.

Menurutnya, siaga anggota Brimob di kecamatan itu karena Kecamatan Tinanggea, Angata dan Moramo merupakan wajib pilih terbanyak dan memiliki jumlah TPS yang besar.

BACA JUGA:  Camat, Kades dan Lurah di Konsel Ikuti Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Batas Desa

Sementara lanjutnya, empat kecamatan seperti Konda, Ranomeeto, Ranomeeto Barat dan Solusi merupakan wilayah hukum Polres Kota Kendari.

“Jadi personel kita akan standby di setiap TPS sampai pleno PPS di kecamatan dan PPK. Meliputi 876 TPS dari 1000 TPS yang ada di Konawe Selatan. Sebab, sisanya merupakan wilayah hukum Polresta Kendari di empat kecamatan,” pungkasnya.