2

Dam-Pen Konawe Selatan Telah Distribusi Air Bersih di 57 Desa Pasca Kekeringan Akibat El Nino

Konawe Selatan, Elindonews.id – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dam-Pen) Konawe Selatan (Konsel) telah mendistribusikan air bersih ke 57 Desa di 10 Kecamatan pasca kekeringan akibat El Nino.

Upaya itu dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin oleh Hasran Parenda, usai menerima Surat Perintah Bupati dan Surat Edaran siaga bencana kekeringan El Nino pada November lalu.

“Selain distribusi air bersih,  Dam-Pen Konsel juga melakukan operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang kadang terjadi di empat titik sekaligus,” ungkap Hasran saat ditemui, Jumat, 1 Desember 2023.

BACA JUGA:  Dinas Koperasi dan UMKM Konawe Selatan Wujudkan Wirausaha Inovatif dan Tangguh

Mantan Camat Angata ini mengaku, pendistribusian air bersih telah dilakukan sejak 6 Oktober 2023 hingga saat ini. Dalam melayani masyarakat lanjut dia, pihaknya telah siagakan 6 unit suplay air. Yakni satu unit mobil pemadam dan satu unit mobil tanki setda bagian umum.

Selain itu, sebut Hasran satu unit mobil boks Dam-Pen yang telah dimodifikasi dengan mengangkut tiga tandon, selanjutnya satu unit mobil komando kadis, kemudian satu unit komando rescue.

BACA JUGA:  Alokasi THR ASN di Konawe Selatan Rp30 Miliar, Cair Mulai Hari Ini

“Meski cuaca sekarang sudah mulai hujan, namun armada Dam-Pen konsel selalu standby karena permintaan  pememenuhan kebutuhan air bersih masyarakat masih sangat tinggi,” terangnya.

Hal itu tambah dia, curah hujan belum mempengaruhi ketersediaan dan stok air masyarakat. “Olehnya itu kami juga menghimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan air bersih. Dan paling utama meningkatkan kewaspadaan terutama kebakaran,” harapnya.