2

Bupati Surunuddin Sematkan Baret Kepada 62 Petugas Kebakaran yang Dinyatakan Lulus Latsar

Konawe Selatan, Elindonews.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga sematkan baret kepada 62 peserta yang dinyatakan lulus mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) petugas pemadam Kebakaran dilingkup Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dampen) kabupaten Konsel. Kemarin, Rabu 8 Februari 2023 di pelataran kantor bupati konsel.

Surunuddin memberikan ucapan selamat kepada 62 peserta yang telah tuntas mengikuti Latsar yang digelar Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Menurut Surunuddim giat itu merupakan wujud dari visi dan misi dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Saya mengapresiasi para penyelenggara dan peserta pelatihan. Inilah salah satu wujud pemerintah menyiapkan SDM yang berkualitas untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama di Arongo

Ia menambahkan sebagai pelayan publik, pasukan terpilih tersebut juga dituntut paham teknologi. Karena hampir setiap aspek aktivitas pelayanan memanfaatkan teknologi. “Bukan hanya di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, tapi seluruh aparatur harus melek teknologi dan digital,” imbuhnya.

Kadis DamPen Konsel, Hasran Parenda menjelaskan latihan dasar yang dilaksanakan adalah program kerja wajib untuk meningkatkan kemahiran dan kepiawaian pasukan.

“Dimulai dengan kesamaptaan, kemudian ada pula pemberian edukasi dalam kelas pematerinya beragam kalangan, ada dari Kesbangpol, Basarnas, pihak Bandara Haluoleo, BKSDA, BKPSDM Konsel dan kerjasama lainnya,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Maksimalkan Pelayanan, Dam-Pen Konawe Selatan Bentuk Relawan Damkar

Selanjutnya, kata ia, dilakukan pula kegiatan di luar kelas yakni long march dengan jarak kurang lebih 26 kilometer dengan melewati tiga pos yang disiapkan. “Puncaknya yakni tradisi pembaretan yang dilakukan secara simbolis oleh bapak Bupati didampingi Plh Sekda, Asisten dan pejabat, kepada peserta Latsar,” ujarnya.

Dirinya berterimakasih kepada pimpinan daerah serta pejabat terkait yang senantiasa mendukung serta ikut mengawal program tersebut. “InsyaAllah ini menjadi program kerja wajib. Setelah proses diikuti, peserta akan diberikan sk langsung oleh pak Bupati sebagai bentuk pengakuan kepada mereka,” ucapnya.