2

Wujudkan Pelestarian Lingkungan, BPJS Ketenagakerjaan Konsel Gelar Employee Volunteering Penanaman Mangrove

Konawe Selatan, ElindoNews.Id -Wujudkan Komitmen Pelestarian Lingkungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) Konawe Selatan menggelar Employee Volunteering Penanaman Mangrove. Tempatnya di wilayah pesisir Desa Watumbohoti, Kecamatan Palangga Selatan, Konsel, Rabu, 11 Oktober 2023.

Giat yang mengambil titik dari Pesantren Hidayatullah itu sebagai bentuk komitmen BPJS Ketenagakerjaan Konsel di bawah kepemimpinan Hamrul Ilyas, terhadap pelestarian lingkungan. Seluruh karyawan dan tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan Konsel terlibat.

Pihaknya juga menggandeng pemerintah setempat, masyarakat, Pesantren Hidayatullah, dan komunitas lingkungan yakni dari Yayasan Batundu Lestari Indonesia. Prosesnya dilengkapi dengan peralatan penanaman dan memperoleh panduan dari para ahli lingkungan.

Lebih lanjut diketahui kegiatan itu merupakan bagian dari inisiatif BPJS Ketenagakerjaan Konawe Selatan. Penanaman mangrove dipilih sebagai kegiatan yang relevan karena memiliki dampak positif yang besar dalam menjaga ekosistem pesisir dan berperan dalam mitigasi perubahan iklim.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Konsel, Hamrul Ilyas mengatakan pelestarian mangrove merupakan hal yang penting. Mengingat beragam manfaat yang diberikan oleh tanaman tersebut.

BACA JUGA:  Ini Bantahan, Kajari dan Kepala DMPD Konsel Soal Pamflet Dugaan Proyek Fiktif di Desa

“Kami ingin memberi kontribusi positif dan menjadi bagian dari solusi dalam menjaga lingkungan. Menjaga ekosistem mangrove merupakan hal penting. Karena manfaatnya melindungi pantai dari abrasi, serta memberikan habitat bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para karyawan dan anggota komunitas antusias dan semangat bekerjasama menanam setidaknya 50 bibit mangrove. Mereka juga membersihkan sampah-sampah plastik disekitar lokasi penanaman. Juga menyalurkan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

Sebagai informasi kegiatan Employee Volunteering ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat, pihak pesantren, dan pegiat lingkungan di Konawe Selatan yang turut bergabung dalam upaya menjaga lingkungan. Mereka berharap bahwa lebih banyak perusahaan dan organisasi lain akan mengikuti jejak BPJS Ketenagakerjaan Konawe Selatan dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra, Muhamad Abdurrohman Sholih mengapresiasi langkah Kepala BPJS Ketenagakerjaan Konawe Selatan dalam kegiatan Employee Voluntering tersebut.

BACA JUGA:  Buka Seleksi Dewas dan Pengurus PDAM, Wabup Konsel: Momentum Sehatkan dan Bangkitkan Pelayanan ke Masyarakat

“Employee Volunteering Penanaman Mangrove ini merupakan contoh nyata bahwa BPJamsostek ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungan sekitar sambil memotivasi karyawan dan tenaga kerja untuk terlibat dalam aksi sosial yang positif,” kata ia.

Dirinya berharap giat semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi organisasi lain dalam mewujudkan komitmen terhadap pelestarian lingkungan.

Setelah kegiatan penanaman selesai, para peserta bersama-sama menikmati hidangan ringan sambil berdiskusi tentang langkah-langkah selanjutnya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di wilayah tersebut.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Konawe Selatan berkomitmen untuk terus melakukan berbagai kegiatan sosial dan lingkungan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan mereka.

Untuk diketahui dalam giat tersebut BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Konawe Selatan menggandeng pemerintah setempat, masyarakat, Pesantren Hidayatullah, dan komunitas lingkungan yakni dari Yayasan Batundu Lestari Indonesia melakukan aksi penanaman Mangrove di wilayah pesisir Desa Watumbohoti, Kecamatan Palangga Selatan.