2

Pemkab Konsel Peringati HPS Dengan Gelar GPM, Surunuddin : Tujuannya Menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan

Konawe Selatan, ElindoNews.id – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2023, Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mengelar Gerakan Pangan Murah (GPM), di Pelataran Lapangan Islamic Center Andoolo, Senin 16 Oktober 2023.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj Nurlin, Sekda Hj St Chadidjah, Kepala Dinas Ketapang Setia Ningsih Mangidi, Forkopimda serta sejumlah kepala OPD.

Sebelum acara yang serentak dilaksanakan di 411 titik di 38 Provinsi dan 260 titik kabupaten/kota ini, Bupati Konsel Surunuddin Dangga beserta jajaran mendengarkan langsung arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Badan Pangan Nasional/, Plt Menteri Pertanian.

Dalam kegiatan tersebut, Surunuddin juga melepas tiga unit truck penyalur bantuan pangan untuk wilayah Konawe Selatan.

BACA JUGA:  Ukir Prestasi, Pelajar SMA Negeri 6 Konsel, Juara Satu Lomba Pidato Talk Show Literasi 2023

Dalam kesempatan tersebut, Surunuddin Dangga mengatakan, GPM ini bertujuan menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP). Baik di tingkat produsen maupun konsumen. Kemudian sebagai upaya meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat.

“Pelaksanaan GPM didasarkan pada beberapa indikator, mulai dari gejolak pasokan dan harga pangan. Lalu faktor isu nasional menjelang hari besar keagamaan dan lainnya, serta kebijakan harga pangan pemerintah, baik Harga Pembelian Pemerintah (HPP), atau Harga Eceran Tertinggi (HET),” kata Surunuddin Dangga.

Bupati Konsel dua periode ini mengapresiasi Disketapang Konsel yang telah sukses menggelar kegiatan GPM tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketapang Konsel Setia Ningsih Mangidi mengatakan kegiatan GPM dilaksanakan serentak se-Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pangan Nasional (HPS) tahun 2023.

BACA JUGA:  Sekda Konsel Dampingi Kepala Bakamla Tinjau Lahan Pembangunan Kantor SPD

“Kegiatan GPM ini merupakan salah satu terobosan pemerintah dalam rangka stabilisasi pasokan pangan (SPHP) serta mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan, dengan harga terjangkau atau harga dibawah pasaran,” terangnya.

Setia menjelaskan kegiatan GPM Dinas Ketapang Konsel hari ini merupakan kegaiatan yang keempat kalinya digelar di Konsel.

“GPM pertama kali kami gelar pada bulan Juni lalu di tempat ini juga, ke dua di pasar DU andoolo utama kecamatan buke pada 3 Oktober lalu, selanjutnya dikecamatan Benua dipelataran kantor camat,” sebutnya.

Adapun komoditi yang dijual pada GPM Dinas Ketapang konsel yakni Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng dan Telur ayam.

“Berdasarkan pantaun kami dalam GPM ini menunjukan adanya antusias dan mobilitas warga yang begitu tinggi,” pungkasnya.