2

Semangat Pembangunan, Faktor Kemajuan Daerah Konawe Selatan

Konawe Selatan,Elindonews.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST,MM beberkan kemajuan Kabupaten Konsel sejak 2015 hingga 2022.

Hal itu disampaikan bupati Konsel dua periode ini saat menyampaikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan pidato presiden. Rabu16 Agustus 2023.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo yang diikuti Wakil ketua beserta seluruh anggota dewan lainnya. Dihadiri Wabup Konsel Rasyid, pimpinan OPD, dan unsur Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda).

Dalam sambutannya Bupati Konsel H Surunuddin Dangga mengatakan peringatan kemerdekaan tahun 2023 mengusung tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

“Tema ini senada dengan semangat kita dalam menjalankan amanah yang melekat pada diri untuk dilaksanakan sebaik-baiknya, lebih untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Konsel-1 itu menjelaskan, tema tahun ini adalah energi gerak untuk bangsa indonesia, agar terus melaju untuk indonesia maju. Yang tujuannya mengajak seluruh masyarakat melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan.

“Makna dari Tema Hut RI ke 78 sama dengan semangat pembangunan yang terus melaju di daerah, yakni berjuang mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat,” terangnya.

BACA JUGA:  Diskominfo dan Sandi Konawe Selatan Berikan Pelayanan Prima pada Tes CPNS PPPK 2023

Kemajuan itu, lanjutnya, tergambar dalam beberapa indikator. Diantaranya, desa maju di tahun 2015 adalah 0 (nol) DESA. Namun pada tahun 2022 menjadi 40 desa maju. Lalu desa berkembang pada tahun 2015 yakni 218 desa, dan pada tahun 2022 meningkat menjadi 285 desa. Kemudian untuk desa tertinggal pada 2015 sebanyak 118 desa, namun pada tahun 2022 sisa 11 desa.

“Lalu, persentase penduduk miskin kita adalah menduduki peringkat keempat terendah se Sultra yakni sebesar 11,08 persen. Inilah upaya pemerintah dari tahun ke tahun untuk menurunkan persentase kemiskinan dengan berbagai program pembangunan,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Bupati dua periode itu, perjuangan yang terus dioptimalkan selanjutnya adalah merdeka signal. Pemda telah bekerjasama dengan PT.XLAxiata menghadirkan kekuatan signal dengan kapasitas 1 giga byte atau sama dengan 1.000 (SERIBU) mega byte. Itu sudah lebih dari cukup untuk melayani kebutuhan jaringan internet di 36 OPD. Yang orientasinya pada peningkatan kualitas pelayanan.

Tak hanya itu, pihaknya juga memperjuangkan merdeka opini laporan keuangan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dengan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2023.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Apresiasi Mahasiswa KKN UGM di Kecamatan Laonti

“Kita juga berjuang merdeka layanan kesehatan, dimana baru saja Rumah Sakit Daerah kita mendapat lima bintang atau paripurna dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia pada 10 agustus 2023,” ungkap mantan Ketua DPRD Konsel itu.

Lebih dalam dari itu, perjuangan Surunuddin memimpin Konsel mampu mengantar Laonti pada kemerdekaan sesungguhnya. Yaitu, 78 TAHUN Indonesia merdeka tetapi Laonti baru merasakan kemerdekaan, keluar dari Keterisoliran, karena memiliki akses jalan darat yang telah tembus.

“Alhamdulillah kerja keras kita selama ini sudah menampakan hasil yang mengarah pada terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat. Secara bertahap kita akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Sulawesi Tenggara dan Konawe Selatan ini,” tegas Surunuddin.

Dirinya terus berupaya menjadikan Konsel sebagai yang terbaik. Tak lupa, mewakili pemerintah daerah, Bupati berterimakasih kepada seluruh anggota DPRD Konsel, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda atas kontribusinya dalam pembangunan Konawe Selatan.

“Kita terus berupaya meningkat dari tahun ke tahun. Meningkat pelayanan kita, meningkat kinerja kita, meningkat prestasi kita baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan itulah yang kita harapkan,” tutupnya.