2

Kerja Ekstra Dinas Dampen Konsel, Berjibaku dengan “Si jago Merah” di Dua TKP

Konawe Selatan,Elindonews.id – Disiplin dan kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Dampen) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus konsisten dilakukan dalam menjalankan tugas.

Hal itu dibuktikan, ketika menerima laporan peristiwa kebakaran di desa Lalonggombu dan Puunggapu. Instansi yang dikomandoi oleh Hasran Parenda S.TP, MAP ini dengan sigap langsung melakukan penanganan, pemadaman dan evakuasi.

Kepala Dinas Dampen Konsel Hasran Parenda mengatakan peristiwa naas yang menimpa Junaidi yang merupakan kepala desa (Kades) lalonggombu Kecamatan Andoolo terjadi pada minggu, 27 Agustus 2023.

“Malam itu kami terima laporan pukul 01:53 wita telah terjadi kebakaran di Desa Lalonggombu.Unit ke Tempat kejadian perkara (TKP) Pukul 01:56,unit personil tiba di TKP pukul 02:04 dengan waktu tempuh ke TKP Kurang Lebih 4 Menit,” jelas mantan Camat Angata ini. Selasa, 29 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Kunker di Pertanahan Konsel, Ketua IKAWATI Kanwil ATR/BPN Sultra Puji Penataan Ruang Pelayanan

Dengan jumlah Delapan orang personil, yang terdiri dari Perwira Eryek Gunawan Mangidi S,si, Dandru  Ichsan Ramadan Mangidi, Wadanru ibrahim, Silmaruf,Sulpian toondo,Miswan ebi,Caraka Syawaludin dan humas andi sahmad.

“Proses pemadaman dimulai pukul 02:05 – 05:00 wita, dengan menurunkan dua mobil pemadam.Personil Kembali Pukul  05:30 Wita Operasi Pemadaman dan Evakuasi ditutup Api Berhasil dipadamkan Tanpa Korban Jiwa,”kata dia.

Menurut Hasran, penyebab kebakaran rumah semi permanen itu diduga dari arus listrik adanya korsleting, terputusnya arus listrik karena kawat yang bermuatan arus positif dan negatif bersentuhan sehingga terjadi percikan api.

“Kerugian diperkirakan kurang lebih 1 miliar rupiah,” sebutnya.

Lanjut Hasran, begitupun TKP di desa Puunggapu diduga penyebabnya korsleting listrik. Peristiwa bencana kebakaran rumah non permanen itu terjadi pada Senin, 28 Agustus 2023. Dengan respon time 3 menit tiba di TKP setelah menerima laporan.

BACA JUGA:  Bappeda Konawe Selatan Gandeng OPD Terkait dalam Optimalisasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim

“Korbannya bernama Irmanto, kerugian materi dari peristiwa naas itu sekitar ratusan juta,” terangnya.

Hasran menambahkn,sebelas personil yang diturunkan tiba pukul 03:05, yang kemudian melaksanakan Operasi Pemadaman dan Berhasil memadamkan pada Obyek Serta menyelamatkan 2 Rumah yang Api nya nyaris berpindah.

“Tim kami berhasil mengevakuasi penghuni rumah. Setelah Tuntas Unit dan Personil Kembali Ke Mako melaksanakan apel penutupan Operasi Pukul 06:45. Jumlah unit yang berangkat dua unit mobil pemadam kebakaran,” bebernya.

Kepada korban kebakaran, Hasran berharap semoga dapat diberi kekuatan dari Allah SWT. Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat Konsel agar tak lalai untuk selalu waspada dan terus melakukan pengecekan arus listrik guna mencegah terjadinya kebakaran.

“Untuk layanan emergensi call masyarakat bisa menghubungi nomor telpon tersebut 0823-2108-3364 / 082110969668,” pungkasnya.