2

Sekda Chadidjah, Ajak Masyarakat Konsel Wujudkan Lingkungan Hidup Demi Kelestarian Alam

Ketgam: Sekda Konsel Hj St Chadidjah S.Sos., M.Si saat mengikuti penanaman Mangrove serentak Nasional. (Foto: Rika/ Dokumentasi, Prokompin).

KONAWE SELATAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Hj St Chadidjah S.Sos.,M.Si mengajak seluruh masyarakat Konsel untuk mewujudkan Lingkungan Hidup demi kelestarian Alam.

Imbauan itu disampaikan Mantan Kepala BKPSDM Konsel ini, melalui pres rilis Prokompin Setda Konsel, kemarin. Senin, 15 Mei 2023. Usai mengikuti kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak yang digelar oleh TNI bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual, yang dilaksanakan di Teluk Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Mewakili Pemkab Konsel, Chadidjah mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI di seluruh Indonesia yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove Nasional secara serentak.

“ Istimewahnya lagi kegitan ini dihadiri oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso bersama Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi ikuti turun langsung dalam penanaman Mangrove beserta seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Sultra, Bupati dan Wali Kota Se Sultra, serta Organisasi Kemasyarakatan di Sultra,” ucap Chadidjah.

BACA JUGA:  Sekda Chadidjah Apresiasi TNI AU HLO dalam Menjaga Kedaulatan Langit Sulawesi Tenggara

Menurut Chadidjah, kegiatan Penanaman Mangrove Nasional Secara serentak Seluruh Indonesia dapat memperbaiki kualitas serta mempertahankan hutan mangrove.

Untuk itu Chadidjah berharap, dengan kegiatan ini dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove, baik secara fisik, ekologi, dan ekonomis.

Mantan Kadis Perindag Konsel ini, mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menggaungkan dan juga merealisasikan semangat gerakan menanam pohon.

 

Mengingat wilayah daratan Kabupaten Konsel dengan luas 451.420 Ha atau sekitar 11,83 persen dari luas wilayah daratan Provinsi Sultra. Konsel juga memiliki wilayah perairan (laut) dengan luas kurang lebih 9.368 Km2 dengan panjang pantai keseluruhan termasuk pulau-pulau kecil yaitu kurang lebih 200 Km.

“ Selain jazirah tenggara Pulau Sulawesi, Konawe Selatan memiliki pulau kecil yang memiliki potensi pengembangan pariwisata yang menjajikan antara lain Pulau Hari, Pulau Senja dan kawasan wisata bahari Namu,” terang Chadidjah.

BACA JUGA:  Dinas Kesehatan Konawe Selatan Dianugerahi Penghargaan STBM Award 2023 Kategori Pratama

Olehnya itu, dikesempatan ini saya mengajak masyarakat Konsel dalam membantu program pemerintah dalam mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup, yang bertujuan untuk keseimbangan antara manusia dengan alam serta mengurangi dampak pemanasan global.

“ Upaya penanggulangan bukan hanya pada tanggap darurat saja, namun yang tak kalah penting adalah hal yang bersifat komprehensif. Olehnya itu langka menaman pohon saat dini bisa dilakukan pada banyak kesempatan untuk kepentingan masa depan anak cucu kita nantinya,” ajaknya.

Dari informasi yang dihimpun Elindonews.id, Penanaman Mangrove serentak mengusung tema “Mangrove For Better Life” dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo bersama Panglima TNI, Kapolri dan Menteri Pertahanan RI di PIK Jakarta, dan diilaksanakan di 370 titik di 37 Provinsi se Indonesia.