2

KPU Konawe Selatan Adakan Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada 2024

Konawe Selatan, ElindoNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pemutakhiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta e-Coklit untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Konawe Selatan, Muh Yunan S.Kom, dan dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, Amiruddin, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin), Anton Roberto S.Sos, Komisioner KPU Konawe Selatan Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Eko Hasmawan Baso S.Sos, Sekretaris KPU, Aila S.Sos, serta jajaran dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Konawe Selatan.

BACA JUGA:  KNPI Kendari Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Tangkal Hoaks Jelang Pilkada 2024

“Bintek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas PPK dan PPS dalam mempersiapkan diri pada pelaksanaan pemutakhiran data pemilih,” ujar Ketua KPU Konawe Selatan, Muh Yunan S.Kom, saat memberikan sambutan, Sabtu (15/6/2024).

Menurutnya, PPK dan PPS perlu memahami pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dalam persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, serta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam hal ini pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Konawe Selatan.

BACA JUGA:  Polisi Tangkap Pengedar Narkoba di Kendari, 18 Paket Sabu Diamankan

Selain itu, lanjut Yunan, Bintek yang diselenggarakan juga bertujuan memberikan pemahaman kepada PPK terkait penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) serta e-Coklit.

“KPU berharap dengan pelaksanaan kegiatan Bintek ini, PPK dan PPS dapat memahami tugas-tugas mereka dalam menyelenggarakan Pilkada di Konawe Selatan,” jelasnya.

Dengan pelaksanaan Bintek ini, KPU Konawe Selatan menunjukkan komitmennya untuk memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkada 2024 berjalan dengan baik dan lancar, serta dapat meningkatkan partisipasi dan kepercayaan masyarakat dalam proses demokrasi ini.