2

DP3A Konsel Gelar Pelatihan Satgas Call Center SAPA untuk Perlindungan Perempuan dan Anak

Kendari, ElindoNews.id – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Konawe Selatan terus menunjukkan komitmennya dalam pemenuhan hak perempuan dan anak.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipimpin Hj St Hafsa itu menggelar pelatihan untuk Satuan Tugas (Satgas) Call Center SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak) Kabupaten Konawe Selatan. Bertempat di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat 7 Juni sampai dengan Sabtu 8 Juni 2024.

Kepala DP3A Konsel, Hj St Hafsa melalui Sekdis, Suharni mengatakan layanan aplikasi SAPA Konsel ini merupakan turunan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

BACA JUGA:  Bupati dan Ketua DPRD Konsel Kompak Tolak Tudingan Terlibat Kejatahan Lingkungan di Torobulu

“Untuk layanan di DP3A Konsel ini, masyarakat dapat melakukan pelaporan secara tertulis. Dengan luas wilayah daerah kita yang luas, mencakup 25 Kecamatan, tidak bisa dijangkau dalam satu hari, sehingga dibutukan peran aktif masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakannya, dengan banyaknya kasus diharapkan tentunya aplikasi itu akan memudahkan kerja-kerja petugas. Masyarakat dapat melaporkan 1 x 24 jam jika didapatkan terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

BACA JUGA:  Kesbangpol Konsel Edukasi ASN Melalui Sosialisasi Pendidikan Politik

“Insyaallah walaupun masih ada kekurangan, tentunya kami akan selalu melakukan perbaikan. Kami berharap seluruh warga Konawe Selatan mengunduh dan memanfaatkan aplikasi SAPA Konsel di Android masing-masing,” ujarnya.

layanan ini menjadi jembatan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, serta menjadi alat monitoring bagi pemerintah dalam upaya perlindungan perempuan dan anak di Konawe Selatan.

“Layanan Call Center SAPA Konsel ini sendiri tujuannya mempermudah akses bagi korban atau pelapor dalam melakukan pengaduan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak,” ungkapnya.