2

Pemkab Konsel Panen Raya Komoditi Cabai di Wunduwatu, Surunuddin: Bangkitkan Semangat Pertanian Guna Menakan Inflasi

Konawe Selatan, Elindonews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan  (Konsel) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) melakukan panen raya komoditi cabai di Desa Wunduwatu, Kecamatan Andoolo, pada Senin 12 Februari 2024.

Panen tersebut dipimpin Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, didampingi Sekda Hj St Chadidjah, Kepala DTPHP Yesna Suarni, Kapolsek Andoolo, Koramil, Sejumlah kepala OPD, Penyuluh Pertanian dan kelompok tani setempat.

Dikesempatan itu, mantan ketua DPRD Konsel ini mengucapkan selamat kepada para penyuluh pertanian dan kelompok tani yang telah berhasil memetik buah dari hasil yang ditabur selama beberapa bulan yang lalu.

“Kehadiran pemerintah saat ini, tak lain adalah memberikan dukungan serta memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin bertani,” kata Surunuddin.

Oleh sebab itu, lanjut Surunuddin mengatakan pemerintah baik tingkat desa, kecamatan, maupun di kabupaten akan terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan yang ada agar produktif.

BACA JUGA:  47 Pengawas TPS di Kecamatan Buke Resmi Dilantik

“Selaku pemerintah dan pribadi merasa bangga dengan petani kita yang terus-menerus berbuat. Ini wujud aksi nyata dan menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk mendorong potensi daerah masingmasing. Panen raya ini tak lain untuk memotivasi petani lainnya bahwa pemerintah hadir,” kata Bupati Konsel dua periode itu.

Politisi Golkar ini juga mengapresiasi pelaksanaan panen raya komoditi cabai merah tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu lompatan untuk menjaga inflasi di Kabupaten konawe selatan.

Disamping itu, Surunuddin berharap kepada Dinas Pertanian, untuk mengklasifikasikan potensi pertanian di masing-masing kecamatan di Konawe selatan. Hal itu, kata dia untuk melihat sekaligus belajar dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya hortikultura.

BACA JUGA:  Sidak di Pasar Ranomeeto dan Tinanggea, Bupati Surunuddin Janji Bakal Perbaiki Pengelolaannya Agar Pedagang Nyaman

“Sebagai bentuk dukungan pemerintah, saya minta dinas terkait agar menganggarkan bantuan kepada para kelompok tani yang ingin maju. Dengan harapan upaya itu dapat membawa perubahan bagi bangkitnya pertanian di konsel,” harapnya.

Sementara itu, Kepala DTPHP Konsel, Hj Yesna Suarni menyebut menjelaskan, panen raya hari ini merupakan hasil dari penanaman di beberapa wilayah Kabupaten Konawe Selatan pada akhir tahun 2023 lalu.

“Secara teori dengan populasi 15.000 pohon per hektar dan potensi produksi 1kg/pohon, maka sampai 6 bulan kedepan akan ada pasokan cabe sekitar 1.500 ton. Denham demikian dapat dipastikan bahwa kebutuhan pada saat lebaran idul fitri sampai lebaran idul adha akan tercukupi dan diharapkan skaligus dapat menekan laju inflasi daerah pada saat itu,” pungkasnya.