2

Pimpin Apel Hari Amal Bakti ke-78, Bupati Konsel Ingatkan ASN Kemenag Jaga Netralitas dan Harmoni Jelang Pemilu

Konawe Selatan, Elindonews.id – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga memimpin apel Hari Amal Bakti ke-78 tahun di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Konsel, Rabu, 3 Januari 2024.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) memperingati Hari Amal Bakti ke-78 tahun dengan mengusung

Pada Hari Amal Bakti dengan tema Indonesia Hebat Bersama Umat, Surunuddin menyampaikan amanah Menteri Agama RI bahwa, momen ini untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan segala cita dibentuknya kementerian agama.

“Momentum Hari Amal Bakti ke-78, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama,” kata Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode itu menjelaskan, tema Indonesia Hebat Bersama Umat memiliki makna bahwa seluruh pihak harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat.

“Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama,” jelas Surunuddin.

BACA JUGA:  Bupati Surunuddin Sambut Hangat Kedatangan Wakil Presiden RI di Sulawesi Tenggara

Mantan Ketua DPRD Konsel itu menyampaikan, bahwa pada tahun 2024 ini, tengah dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda semua pihak sebagai warga negara.

“Saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan,” imbuhnya.

“Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Konsel, Drs. H. Joko, M.Pd mengatakan, momen Hari Amal Bakti kali ini pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti lomba seni dan olahraga, pemeriksaan kesehatan, doa bersama serta donor darah.

BACA JUGA:  DPMD Konsel Fasilitasi 51 BUMDes Peroleh Nomor Induk Berusaha

“Dalam donor darah ini kami bekerja sama dengan PMI dan Ansor, mengingat kebutuhan darah kita di Sultra ini banyak jadi kita inisiasi lakukan penggalangan donor darah agar bisa membantu sesama yang membutuhkan,” kata Joko.

Sesuai instruksi Kemenag, Joko mengingatkan ASN lingkup Kemenag Konsel untuk menjaga netralitas jelang pemilu.

“Tidak boleh ASN kemenag itu menjadi provokator membuat kisruh menjelang pelaksanaan pemilu dan kita berharap mereka menjadi mediator antar umat beragama,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan pagi tersebut, Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si, Kepala Kantor Kemenag Konsel Drs Joko, Kepala Kejari Konsel Hj Herlina Rauf SH MH, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo SH SIK M.Si, Kepala Kantah Konsel Amrullah dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat.