2

Buka Seleksi Dewas dan Pengurus PDAM, Wabup Konsel: Momentum Sehatkan dan Bangkitkan Pelayanan ke Masyarakat

Kendari, Elindonews.id – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui Bagian Ekomomi Sekretariat Daerah (Setda) melaksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) tahapan seleksi calon Anggota Dewan Pengawas (Dewas) dan Anggota Direksi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Mata Iwoi, di Qubah Hotel 9 Kota Kendari, Kamis 23 November 2023.

Wakil Bupati Rasyid S.Sos M.Si membuka kegiatan memberikan motivasi peserta dengan mengisahkan perjalanan penuh tantangan Perusahaan Maskapai Penerbangan milik Pemerintah Malaysia “Air Asia” dibawah kepemimpinan Tony Fernandes yang awalnya terpuruk dengan lilitan hutang US$11 juta atau setara dengan Rp171 miliar.┬áHari ini bisa bangkit dan sukses serta menjadi salah satu maskapai penerbangan berbiaya hemat terbesar di Asia, dengan jaringan yang luas lebih dari 190 kota tujuan.

Keadaan itu, bisa menjadi inspirasi bagi para calon anggota dewas dan anggota direksi jika terpilih nantinya untuk bagaimana mendorong PDAM Konsel bisa bangkit dengan peningkatan pelayanan prima ke masyarakat luas.

“Tidak ada yang tak mungkin jika kita semua termotivasi dan punya tanggung jawab penuh untuk lebih menghidupkan PDAM dengan melihat dan memaksimalkan semua potensi titik sumber daya air yang ada, termasuk bersinergi dengan Non Governmental Organization atau lembaga lainnya,” tegas Wabup Rasyid.

BACA JUGA:  KPU Konawe Selatan Pastikan Tak Ada Pasangan Calon Independen di Pilkada 2024

“Sebagai Dewas dan Direksi jangan memikirikan nominal gaji yang diterima, tapi gimana menyehatkan perusahaan dengan menciptakan berbagai terobosan dan memiliki goal, misalnya gimana setiap rumah masyakarat konsel terlayani dan teraliri air. Jika asas manfaat sudah didapatkan maka tupoksi berjalan dan PDAM baru bisa dibilang berhasil dalam pengelolaan,” tambahnya.

Sikap optimis, kecermatan, kecerdikan dan sifat kerja keras serta terobosan seorang Tony Fernandes menjadi contoh, tambah Wabup Rasyid, untuk menjadikan PDAM Konsel bisa menguntungkan dan menunjang perekonomian daerah melalui penyediaan air minum yang efektif, efisien dan memenuhi syarat kesehatan kepada masyarakat dan dunia usaha.

“Ini juga sebagai salah satu sumber PAD dari pembagian deviden perusahaan umum daerah,” sebut mantan anggota DPRD Konsel 2 periode ini.

Wabup Rasyid berharap, figur yang terpilih bisa membawa perubahan dalam pelaksanaan tugas pelayanan, berkinerja baik dalam pengelolaan PDAM sehingga dapat menjadi BUMD yang sehat dan dapat memberikan fungsi sosial ekonomi bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Konawe Selatan

BACA JUGA:  Tingkatkan Penggunaan Produksi Dalam Negeri, Pemkab Konsel Gelar Sosialisasi Bimtek P3DN

Dalam laporannya, Kabag Ekonomi Setda Konsel, Roslina Iljas SP M.Si mengatakan, kegiatan digelar berdasarkan ketentuan perundang-undangan Permendagri No 37 Tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota Dewas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi BUMD

Sementara, peserta seleksi berasal dari masyarakat umum dengan berbagai profesi dan latar belakang keilmuan berbeda,”Untuk tahapan dan jadwal pelaksanaan seleksi dibuka pada tanggal 24 oktober hingga 7 november 2023 dan diperpanjang lagi sampai 20 november 2023 lalu,”bebernya

Roslina menambahkan, UKK hari ini meliputi psikotes, uji tertulis keahlian, makalah dan rencana bisnis. Selanjutnya pemaparan atau persentase dan akan ada sesi wawancara akhir oleh Kuasa Pemilik Modal (KPM) yakni Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM.

“Sedangkan Tim Penjaringan Seleksi berasal dari unsur akademisi dan Instansi Pemerintah Daerah setempat,” pungkasnya.