2

Apresiasi GTK Pendidikan Dasar Dikbud Konawe Selatan Diapresiasi, Berikut Daftar Juaranya

Konawe Selatan, Elindonews.id – Pemenang lomba Apresiasi GTK Pendidikan Dasar Tahun 2023 yang digagas oleh Bidang GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Selatan (Konsel) diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional, pada Sabtu 25 November 2023.

Piagam penghargaan para pemenang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Konsel Rasyid didampingi Kepala Dinas Dikbud Konsel Erawan Supla Yudha dan Sekdis.

Pada kesempatan tersebut, Rasyid mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dikbud Konsel beserta jajarannya atas perhatian dan kepedulian terhadap guru-guru yang telah mengabdikan diri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Terima kasih Dikbud Konsel atas perhatiannya kepada guru dalam bentuk apresiasi prestasi yg diraih dengan berbagai kategori,” ucap Wakil Bupati Konsel Rasyid.

Ia berharap, apresiasi kepada guru ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

“Program apresiasi ini dapat dilanjutkan pada tahun yg akan datang (jangan berhenti sampai di sini) melalui dukungan anggaran yg lebih memadai,” pinta Rasyid.

Rasyid mengungkapkan, sebagai rasa bangga ia menyarankan para peraih apresiasi GTK diberi kesempatan untuk melakukan studi banding atau kaji di daerah yang mempunyai prestasi dan manajemen pengelolaan pendidikan yang baik.

“Hasil kaji banding diharapkan menjadi rujukan untuk prototipe pengembangan pendidikan di Konawe Selatan,” ungkap Rasyid.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Konsel Erawan Supla Yudha menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali digelar di Sulawesi Tenggara sebagai tindak lanjut peluncuran kebijakan Implementasi Merdeka Belajar.

“Apresiasi GTK Pendidikan Dasar ini pertama kalinya diadakan di Konawe Selatan dan alhamdulillah banyak mendapat respon positif,” ungkap Erawan.

BACA JUGA:  Kembalikan Marwah Pendidikan, Pemkab Konsel Dukung Program Festival Karya Guru Penggerak

Sementara itu, Kabid GTK Erwin Mangidi merinci ketentuan persyaratan dan kategori perlombaan tersebut, diantaranya:

A. Kategori GTK DIKDAS

1. Kategori GTK Inovatif adalah GTK yang selalu melakukan upaya

pembaharuan strategi dan mencoba berbagai hal baru dengan menggunakan teknologi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka sesuai dengan bidang tugas dan mata pelajaran yang diampu. Selain itu membudayakan refleksi dan evaluasi untuk melakukan transformasi secara.

2. Kategori GTK dedikatif adalah GTK yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu dan selalu mengabdikan dirinya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka demi keberhasilan pendidikan. GTK dedikatif selalu siap menghadapi tantangan dan tangguh menghadapi kesulitan dalam pendidikan yang berorientasi kepada peserta didik di daerah khusus dengan atau tanpa memanfaatkan teknologi.

3. Kategori GTK inspiratif adalah GTK yang mampu menstimulasi dan menggerakkan peserta didik dan teman sejawat untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. GTK inspiratif selalu berbagi hasil karya dan cara pandang sehingga tercipta lingkungan yang menumbuhkan pengembangan ide dan pengetahuan untuk menghadirkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

B. Ketentuan umum Peserta Kegiatan

1. Guru saat ini aktif bekerja dengan minimal 2 (Dua) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan unit kerja/lembaga dan sudah terdata di dapodik.

2. Kepala Sekolah saat ini aktif bekerja dengan penugasan minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan surat keputusan dari Bupati Konawe Selatan.

BACA JUGA:  Rawat Silaturahmi, Bupati Konsel Terima Kunker Danlanal Kendari

3. Memiliki akun belajar.id bagi peserta apresiasi dari unsur guru dan kepala sekolah dengan melampirkan bukti screenshot Akun Aplikasi Platform Merdeka Mengajar.

4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan yang disetujui oleh atasan langsung.(Bagi Guru ditandatangani Oleh Kepala Sekolah dan Bagi Kepala Sekolah ditandatangani oleh Kepala Bidang GTK dan atau Kepala Dinas).

5. Peserta wajib memiliki Sertifikat yang diperoleh dari Kemdikburistek hasil pelatihan mandiri dalam Aplikasi Platform Merdeka Mengajar minimal 3 sertifikat PMM.

6. Keputusan Tim Penilai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Adapun pemenang lomba Apresiasi GTK Pendidikan Dasar Tahun 2023 lingkup Kabupaten Konawe Selatan, sebagai berikut:

Jenjang SMPN

Kepala Sekolah Inspiratif

  1. Niman,S.Pd.M.Pd dari SMPN 1 Konawe Selatan

Kepala Sekolah Inovatif

  1. Mulla Rakhman,S.Pd.Grd dari SMPN 53 Konawe Selatan

Kepala Sekolah Dedikatif

  1. Sumarlan,S.Pd dari SMPN Satap 16 Konawe Selatan

GTK Inspiratif

  1. Nurlan Agus,S.Kom dari SMPN 3 Konawe Selatan

GTK Inovatif

  1. Nuning Merduwati,S.Pd dari SMPN 31 Konawe Selatan

GTK Dedikatif

  1. Asep Setiabudi,S.Kom dari SMPN 40 Konawe Selatan

Jenjang SDN

Kepala Sekolah Inspiratif

  1. Djuharni,S.Pd.M.Pd dari SDN 1 Palangga

Kepala Sekolah Inovatif

  1. Rohamdi Yusuf,S.Pd.M.Pd dari SDN 15 Lalembuu

Kepala Sekolah Dedikatif

  1. Syahri Paladha,S.Pd.Gr dari SDN 13 Moramo

GTK Inspiratif

  1. Muliani S.Pd dari SDN 5 Moramo

GTK Inovatif

  1. Ani Indraningsih,S.Pd dari SDN 6 Tinanggea

GTK Dedikatif

  1. Ridwan Afdilah S.Pd.i.M.Pd dari SDN 15 Laonti