2

Support Pengembangan UMKM, Ketua Kadin Konsel, Sarankan Pola Kemitraan dengan Perusahaan

Konawe Selatan,ElindoNews.id – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Adi Jaya Putra (AJP) menyarankan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) bangun kemitraan dan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di konsel.

Penerapan pola kemitraan dengan perusahaan swasta, maupun lembaga BUMN yang ada di konsel dinilai, AJP dapat memajukan UMKM. Menurut Ketua Koni Konsel ini, dengan membangun kolaborasi dengan perusahaan dalam bentuk bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Selaku ketua kadin,mengajak kepada pemerintah daerah maupun OPD terkait untuk bersama-sama meningkatkan kolaborasi dengan melibatkan perusahaan-perusahan yang telah lama berinvestasi di konawe selatan,”ajak AJP dalam sambutannya pada Opening Teras Punggaluku, Sabtu malam, 21 Oktober 2023.

BACA JUGA:  Buka Porseni di Palsel, AJP Ajak Masyarakat Tetap Jaga Persatuan Meski Berbeda Warna

Menurutnya, perusahaan punya tanggung jawab sosial dan lingkungan sebagai komitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan, komunitas setempat maupun masyarakat pada umumnya.

“Ini perlu kita galakkan, sebab tak ada satupun daerah yang ekonominya dapat tumbuh dan berkembang tanpa melibatkan semua stakeholder termaksud investor, penyandang dana yang telah bertahun-tahun berinvestasi,” kata AJP.

“Sudah saatnya konawe selatan bangkit ekonominya melalui para pelaku UMKM yang ditopang oleh para pengusaha baik menengah, maupun besar,” sambungnya.

Dikesempatan itu, putra bupati konsel ini, juga memberikan apresiasi kepada kelompok pemuda yang telah mencetus “Teras Punggaluku” sebagai wadah pelaku UMKM untuk memulai usaha.

BACA JUGA:  Dihadiri Ketum Haris, AJP Buka Turnamen Mini Soccer U14 KNPI Cup di Kolono

“Saya juga mengucapkan selamat serta apresiasi setinggi-tingginya kepada para panitia yang telah berinovasi, semoga gerakan ini dapat menjadi lokomotif penggerak kebangkitan UMKM di Konsel,” puji dia.

Dengan harapan semoga momentum seperti ini dapat melahirkan inovasi UMKM di kecamatan penyangga lainnya. Selaku ketua kadin konsel, AJP berjanji akan terus memberikan dukungan dan kolaborasi bersama pemda dan OPD demi pengembangan UMKM di Konsel.

“Kadin berharap semoga inovasi UMKM seperti ini dapat lahir di kecamatan lainnya,sehingga pelaku usaha di konsel dapat tumbuh kembang dan berkembang,” harapnya.