2

Tindak Lanjuti Penetapan Cagar Budaya, Dikbud Konsel Sowan ke Mako Lanud TNI-AU Haluoleo

Konawe Selatan,Elindonews.id – Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Markas Komando (Mako) Pangkalan Udara (Lanud TNI-AU) Haluoleo.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Kadis Dikbud Konsel Erawan Supla Yuda, yang diterima langsung oleh Komandan Lanud Hlo Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W.,S.E.,M.Han beserta Pejabat list A, pada Jumat kemarin (4/8/2023).

Kadis Dikbud Konsel Erawan Supla Yuda mengatan kunjungan tersebut dalam rangka menindak lanjuti penetapan cagar budaya yang ada di Konawe selatan. Khususnya di wilayah Mako Lanud Haluoleo.

BACA JUGA:  Sukseskan Program Polri Peduli Literasi, Polsek Laonti Gandeng PT GMS Bagikan Buku

Erawan menerangkan dari sebelas cagar budaya yang telah ditetapkan,tujuh diantaranya berada di wilayah Mako Lanud.

“Dari 11 Cagar budaya yg ditetapkan. 7 diantaranya objek nya berada di Landasan Udara Haluoleo,”sebut Erawan saat ditemui diruang kerjanya. Rabu,9 Agustus 2023.

Adapun tujuh cagar budaya yang berada di wilayah Lanud HLO yakni. Bak Penampungan Ari Jepang, Barak Jepang, Baterai Jepang, Pill Boks Jepang, Bungker L,U,Z Jepang.

BACA JUGA:  Dikbud Konsel Launching Proyek Perubahan Pengelolaan Cagar Budaya Sebagai Wisata Edukasi Berbasis Kolaborasi

Sementara Danlanud HLO Kolonel Pnb Antonius Adi Nur W.,S.E.,M.Han mengatakan Kunker Dikbud Konsel sebagai rangkaiyan kerja efektifitas pelaksanaan program dan kegiatan Pada Dikbud dan pelaksanaan pelatihan kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat ll angkatan Xl tahun 2023 di Lanud Hlo.

“Selain itu pembahasan sejarah, Cagar budaya peninggalan perang dunia kedua yang banyak ditemukan, tersimpan, terjaga dan terawat dari keberadaannya di Aset tanah Lanud Hlo,” pungkasnya.