2

Pengurus Mesjid di Konsel Dilatih Cara Mengurus Jenazah

Konawe Selatan,Elindonews.id – Pemerintah daerah kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar pelatihan penyelenggara jenazah untuk pengurus dan remaja masjid khususnya para imam masjid

Pelatihan selama sehari itu digelar dibuka oleh sekertaris daerah (Sekda) Konsel  Hj.St Chadidjah di gedung islamik center. Kamis, 25 Agustus 2023.

Sekda Konsel Hj. St Chadidjah menjelaskan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan khusus pada pengurus masjid dan imam dalam mengurus jenazah yakni mulai dari memandikan jenazah, pengkafanan jenazah, mensholatkan hingga pemakaman.

“Dengan kegiatan ini kami sangat berharap pengurus masjid mampu menjalankan peran untuk membantu masyarakat luas khusus dalam pengurusan jenazah di wilayah masing – masing,” katanya.

BACA JUGA:  4.791 Calon Siswa SMA/SMK di Jabar Dibatalkan Kepesertaannya

Sekda Konsel juga mengajak seluruh umat muslim di daerahnya untuk lebih peduli terhadap tata cara mengurus jenazah karena hal itu merupakan anjuran dan tuntunan agama sekaligus menjadi kebutuhan semua pihak.

“Teknis dan adab mengurus jenazah sudah menjadi kebutuhan karena tidak satupun manusia luput dari kematian,” terangnya.

Sementara itu kepala bagian kesejahteraan (Kesra) Konsel Hamlin S Ode menjelaskan pihaknya melatih penyelenggara jenazah itu merupakan bagian terpenting untuk menjawab kebutuhan masyarakat Konsel

BACA JUGA:  Wujudkan Kesejahteraan Sosial, Dinsos Konawe Selatan Gelar Pelatihan Bagi Tim Survei Penelusuran dan Assessment

Kata Hamlin, pelatihan itu merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap kehidupan sosial dan beragama khususnya dalam upaya peningkatan kapasitas pengetahuan para pengurus masjid dan remaja masjid.

“Inilah perhatian kami terhadap kebutuhan masyarakat muslim khususnya dalam hal penyelenggaraan jenazah,” tegas Hamlin S Ode Makkah.

Hamlin menambahkan, disadari atau tidak setiap kehidupan pasti ada kematian dan dalam setiap kematian itu ada kalanya pihak keluarga tertentu masih bingung tentang tata cara mengurus jenazah.