2

Putri Asal Konsel Raih Juara Satu PPMI TIngkat Sultra 2023

Ketgam: Para peserta pemenang PPMI.

KENDARI – Event bergengsi Pemilihan Putra Putri Maritim Indonesia (PPMI) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2023 yang bertujuan meningkatkan peran serta generasi muda dalam melanjutkan perjuangan bangsa mengembalikan kejayaan maritim Indonesia resmi berakhir semalam Selasa,27 Juni 2023.

Peserta Putri asal Konawe Selatan, Rabiatul Adrianti S.Sos berhasil membanggakan masyarakat Konsel dan mengharumkan nama daerah setelah dinobatkan jadi Juara I Putri Maritim Indonesia Sulawesi Tenggara 2023, menyisihkan 42 peserta dari 17 Kabupaten/Kota se-Sultra pada malam Grand Final PPMI yang digelar di salah satu Hotel ternama di Kota Kendari.

Torehan prestasi Rabiatul yang memiliki nama sapaan akrab Icha ini tidak mudah direngkuhnya. Sebelum menapaki Grand Final PPMI ia mesti mengikuti tahapan seleksi ketat oleh Pangkalan/Markas Komando (Mako) TNI AL Kendari selaku leading sektor lomba

Ia menjadi jawara setelah sebelumnya mampu menjawab dengan baik pertanyaan yang disodorkan Juri. Juga beberapa hari mengikuti sejumlah kegiatan seperti pembekalan, karantina, malam bakat  hingga grand final.

Mengharukan, kemenangan Honorer Dinas Pariwisata Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan ini tidak bisa disaksikan Ibunda tercintanya langsung yang selalu memberikan support dan motivasi dalam perjalanan mengikuti seleksi. Sebab kembali kepangkuan Ilahi sehari sebelum puncak acara.

BACA JUGA:  Knalpot Bogar,Miras Hingga Truk Ugal-ugalan Dikeluhkan Warga Ululakara Saat Curhat ke Polisi

Ditemui usai acara, Icha mengungkapkan, dirinya tidak menyangka dinobatkan sebagai yang terbaik.”Kaget bercampur haru dengar pengumuman yang dibacakan host, tidak sangka. Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak, terkhusus kepada Dinas Pariwisata Pemda Konsel yang telah membantu berikan support dari awal hinggal malam Grand Final, paling khusus juga dan saya persembahkan gelar ini kepada masyarakat dan orang tua Almarhumah Ibunda tercinta saya yang barusan pergi selama-lamanya, smoga tenang disana dalam keadaan Husnul Khatimah,”ucapnya lirih

Sementara, Kadis Pariwisata Konsel Adywarsyah Toar didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Muh Aswan Yasin yang hadir pada malam acara menyampaikan bahwa Ia bersama jajaran selalu setia mendampingi dan memberikan support dari awal seleksi hingga akhir

Ia menyebutkan, Dinas Pariwisata didukung Bupati dan Wakil Bupati Konsel melakukan pendampingan dengan memberikan pembekalan ilmu pengetahuan tentang kemaritiman dan potensi kepariwisataan yang dimiliki Konawe Selatan juga yang terdapat di Provinsi Sulawesi Tenggara.”Sejak Awal kita yakin akan jadi juara pertama, sebab telah kita ajarkan setiap kesempatan tentang pengetahuan kemaritiman, bahari dan kepariwisataan yang berhubungan dengan Ajang PPMI ini, ditambah selama tahapan di Mako Lanal Kendari ia aktif menjawab dalam setiap dialog yang terbangun,”terang Adywarsyah

BACA JUGA:  Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemda Konsel Akan Gelar Pasar Murah di Sejumlah Titik Selama Ramadan

Berharap Icha dapat mempromosikan segala potensi wisata bahari yang dimiliki Konawe Selatan, juga bisa lebih meningkatkan ilmu pengetahuannya bukan hanya di bidang kelautan dan industri lainnya, namun juga pengetahuan tentang pariwisata, yang tentu nanti mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi masyarakat Konsel dan Sulawesi Tenggara umumnya melalui industri wisata bahari.

Diketahui, Malam Grand Final PPMI dihadiri  Dewan Pelindung Yayasan PPMI Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno SH yang juga mantan Menteri Bidang Politik, Hukum dan Keamanan didampingi Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) A K Mulku Zahari SE M. Tr. Opsla dan Ketua DPRD Provinsi Sultra H Abdul Rahman Saleh. Dan adapun untuk juara 1 Putra PPMI 2023 peserta asal Kabupaten Konawe, dimana selanjutnya kedua pemenang akan bersaing pada PPMI tingkat nasional bulan september mendatang.