2

Antusias Masyarakat Desa Alebo, Yakinkan Tim Penilai Lomba Desa Akan Raih Prestasi

Konawe Selatan, ElindoNews.id –  Setelah terpilih mewakili Kabupaten Konawe Selatan, kini Desa Alebo, Kecamatan Konda telah dinilai oleh tim penilai dari tingkat provinsi. Penilaian berpusat di kawasan pemerintahan Desa Alebo, Kecamatan Konda, Kamis 14 Juni 2024.

Penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun ini mengusung tema “Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan kelurahan yang berkualitas”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, Sekda ST Chadidjah, Kadis PMD Ambolaa serta sejumlah kepala OPD lainnya juga tak ketinggalan para camat dan kepala desa se-kecamatan Konda.

Tim Penilai yang dipimpin langsung oleh Kadis PMD Sultra, Dr. Ir. I Gede Panca, M.Pd bersama rombongan disambut hangat Pemerintah dan masyarakat Desa Alebo.

Bupati Surunuddin dalam sambutanya menyampaikan lomba desa dan kelurahan dilaksanakan untuk mengevaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi aspek pemerintahan serta menumbuhkan pemberdayaan masyarakat.

Selaku Pemerintah Kabupaten, Surunuddin sangat mendukung serta memberikan apresiasi kepada Dinas PMD Konsel, pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat atas kesiapannya dalam mengikuti lomba desa. Hal ini tentu akan semakin memacu desa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

BACA JUGA:  Kejari Konsel Buka Posko Layanan Aduan Pelanggaran Pemilu 2024

“Kedepan akan banyak perubahan yang terjadi baik dari segi dukungan anggaran dan regulasi, yang tentunya dapat memberikan peluang bagi desa untuk mengembangkan segala potensi yang ada di desa,” jelasnya.

Selanjutnya kata bupati dua periode itu, dukungan BPD serta kemitraan dengan Pemerintahan Desa sangatlah diharapkan dalam mengurus, mengelola, mengawasi dan memanfaatkan potensi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami beraharap melalui lomba desa ini semoga dapat meningkatkan motivasi bagi pemerintahan desa dalam penyelenggaraan pemerintahan serta dapat menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Diakhir sambutannya, Bupat Surunuddin mengajak untuk terus menumbuhkan semangat bersama serta membangun, meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan desa yang sehat, maju dan sejahtera menuju Konsel hebat.

“Harapan kita semua tentu bagaimana Desa Alebo ini bisa terpilih menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi pada lomba desa tahun ini,” ujar Surunuddin.

Senada dengan hal tersebut, Kadis PMD Sultra, l Gede Panca juga mengatakan, lomba desa ini bertujuan untuk mengukur capaian perkembangan hasil pembangunan di Desa sehingga kekurangannya dapat di perbaiki dan kelebihan dapat ditingkatkan.

“Ada tiga hal yang menjadi aspek penilaian kami, yaitu, pertama mengenai pemerintahan, melalui profil singkat Desa Alebo saya sudah melihat Desa ini sudah menerapkan E-goverment, kedua yaitu Kewilayahan dimana kita akan melihat batas Desa serta inovasi dan lainnya,” jelas I Gede Panca.

BACA JUGA:  Jadi Tuan Rumah Rapat III Gep Sinode Sultra, Rasyid: Wujud Kontribusi Pemda Konsel Merajut Kebersamaan Umat Beragama

Kemudian variabel penilaian selanjutnya adalah soal kemasyarakatan, dimana, kata I Gede, soal partisipasi masyarakat dalam pembangunan di Desa Alebo apakah berjalan dengan baik dapat kolaborasi dengan lembaga-lembaga yang ada di desa atau tidak.

Dirinya mengaku, Konawe Selatan pernah menorehkan prestasi dalam ajang ini, mewakili Sulawesi Tenggara pada dua tahun lalu di Jakarta.

“Mudah-mudahan Desa Alebo juga bisa mengikuti jejak itu, tapi yang jelas saya juga telah mengirimkan SK untuk Konsel guna mengikuti lomba Teknologi Tepat Guna atau TTG di Jakarta,” terangnya.

Dirinya berharap, Konsel terus bisa berkiprah ditingkat regional maupun nasional dalam ajang lainnya demi tujuan mulya mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

“Upaya kami pemerintah provinsi melalui ajang ini akan terus mendorong serta mengevaluasi capaian perkembangan pembangunan di tingkat desa maupun kelurahan demi mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri dan berkualitas,” harapnya.