2

Tingkatkan Kapasitas SDM, Dinas Koperasi UMKM Konsel Edukasi Sejumlah Pengurus dan Pengawas

Konawe Selatan,Elindonews.id – Pemerintah Kabupaten Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi dan UMKM terus konsisten  dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bagi pengurus maupun pengawas koperasi aktif tahun 2023.

Komitmen tersebut diwujudkan oleh Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Konsel dengan melaksanakan pelatihan.

Pelatihan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Hj St Chadidjah S.Sos,M.Si yang diselenggarakan selama tiga hari Jumat – Minggu (3-5 November 2023) di salah satu Hotel di Kota Kendari.

Chadidjah mengatakan, implementasi peningkatan kapasitas SDM berdasarkan amanat undang-undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian. Di mana lembaga ekonomi koperasi diharapkan dapat ikut serta aktif membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggotanya terkhusus meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat pada umumnya.

BACA JUGA:  Sekda Chadidjah Apresiasi TNI AU HLO dalam Menjaga Kedaulatan Langit Sulawesi Tenggara

“Untuk berada di posisi tersebut tentu sebuah organisasi koperasi harus dalam keadaan tangguh dan kuat dalam artian aktif dalam usaha dan sehat dalam kelembagaan,” kata Chadidjah.

Lebih lanjut, kata dia sesuai jargon pemerintah yaitu Desa Maju Konsel Hebat dapat diwujudkan bersama dengan keberadaan lembaga koperasi khususnya di wilayah pedesaan yang dapat ikut  memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah di Konawe Selatan. 

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Konsel Agustiana Melamba  menjelaskan, bahwa dalam pelatihan tersebut peserta diberikan pemahaman dan pengetahuan dalam menggali serta mengembangkan potensi ekonomi anggota maupun masyarakat di sekitar melalui lembaga koperasi.

BACA JUGA:  Diskominfo Konsel Latih Penggunaan E-Office Versi ke-2 bagi 36 Admin SPBE

“Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan pengurus koperasi dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan tata kelola lembaga koperasi yang handal dan baik sesuai dengan aturan dan kaidah perkoperasian,” harap Agustiana.

Ketgam:Penyerahan sertifikat usai pelatihan.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Koperasi, Sadrajuddin dan juga selaku ketua panitia, berharap pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan pertumbuhan usaha koperasi yang maju, mandiri dan profesional.

“Kami berharap kegiatan itu dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pertumbuhan usaha Koperasi,” harapnya.