2

Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan, Bupati Surunuddin : Jadikan Momentum Perangi Kemiskinan dan Kebodohan

Konawe Selatan, Elindonews.id – Untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam mempertahankan nilai-nilai, identitas dan kemerdekaan Bangsa Indonesia, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Pelataran Rujab Bupati di Andoolo, Jumat 10 November 2023.

Tepat pukul 07.30 Wita Pagi Upacara dilaksanakan, Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga ST MM bertindak sebagai Inspektur Upacara, dengan Komandan Upacara Paur Intel Bung Dim 1417 Kendari Letda (Inf) Iswari. Turut dihadiri Kepala Kajari Herlina Rauf, Sekda Hj St Chadidjah, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo dan unsur Forkopimda lainnya.

Hari Pahlawan Tahun 2023 dengan Tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” ini juga dihadiri juga Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Konawe Selatan

Bertindak sebagai Pembaca Pesan Pesan Pahlawan, Kadis Sosial Nurlita Jaya AS dan pembaca Teks Pancasila juga dari Dinas Sosial yakni Kasie Linjamsus Bencana Alam Rahmatia dan Pembaca UUD 1945 Kasie Penanganan Fakir Miskin Perkotaan Sualna

Membacakan sambutan Menteri Sosial Tri  Rismaharini, Bupati Surunuddin mengatakan bahwa para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa bukan bangsa pecundang, tidak pernah rela untuk tunduk bersimpuh menyerah kalah, meski hanya bermodalkan bambu runcing dengan lawan persenjataan modern.

BACA JUGA:  Bupati Konawe Selatan Resmikan Gedung Dinas TPHP untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

“Keberanian dan pengorbanan pahlawan sebagai contoh untuk berani hadapi sebesar apapun lscobaan dan ancaman itu dengan tangan menggepal dan dada menggelora,” imbuh Surunuddin.

Terkait Tema Hari Pahlawan, terang Bupati Surunuddin, renungan untuk menjawab penjajahan modern yang kian nyata, mengingat Indonesia merupakan pasar besar yang dikaruniai banyak sumber daya alam dengan kandungan hasil bumi dan mineral melimpah.

“Tantangannya adalah gimana generasi penerus mengolah kekayaan alam dan potensi jumlah penduduk bagi kejayaan bangsa dan negara serta daerah kita,” ujarnya.

Dan tantangan yang utama di Konawe Selatan sesuai Tema hari pahlawan tegas Surunuddin, adalah bagaimana seluruh elemen masyarakat dan pemerintah bersama sama, bahu membahu dalam upaya memerangi dan keluar dari kemiskinan dan kebodohan yang masih menjadi tantangan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Mendorong dan memotivasi generasi muda untuk mengenyam pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, hingga tidak ada anak putus sekolah. Dengan terus meningkatkan kualitas diri dan mampu mengikuti perkembangan zaman, sekaligus juga gimana kita membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai program stimulan yang ada,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Dorong Inovasi Kreatifitas Daerah, Brida Konsel Gelar Rapat Konsultasi dan Evaluasi

Selanjutnya, ada yang berbeda pada Upacara peringatan kali ini, Pemkab Konsel menampilkan Drama Kolosal dengan penari berjumlah 74 orang berasal dari Siswa/i SMA NEGERI 4 Konsel, mengisahkan perjuangan para Pahlawan di Kota Surabaya dimulai merayakan dengan suka cita menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945, selanjutnya Tentara Inggris tiba dengan kedok melucuti Pasukan Jepang, namun ternyata ingin menguasai dan memerintahkan Indonesia menyerah. Hal itu membangkitkan kembali  semangat juang masyarakat Surabaya dan terjadilah Perang dahsyat 10 November 1945 dengan kekalahan pihak sekutu. Yang kini di kenang sebagai Hari Pahlawan.

Bupati Surunuddin Serahkan Santunan JKM, JHT, JP Berkala dan Beasiswa

Berselang beberapa menit usai menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan 10 November 2023, Bupati Surunuddin menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan berupa Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP) dan Beasiswa pekerja rentan dan pekerja mandiri kepada yang menjadi ahli waris sebanyak 12 orang dengan nilai santunan Total sebesar -/+ Rp668 juta.